Ansor Probolinggo Siap Bentuk TRC Erupsi Bromo

Probolinggo,
Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Probolinggo ikut ambil bagian dalam penanganan antisipasi terjadinya bencana erupsi Gunung Bromo. Salah satunya dengan membentuk TRC (Tim Reaksi Cepat) bencana khusus erupsi Gunung Bromo.

Ketua PC GP Ansor Kabupaten Probolinggo Muchlis mengungkapkan bahwa TRC ini bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) akan menyiapkan segala sesuatunya terkait status siaga gunung Bromo dan sebagai antisipasi ke level awas.

“Yang jelas kami akan menyiapkan masker, kendaraan dan tempat evakuasi serta logistik lain jika nanti situasinya memang mengharuskan harus dilakukan evakuasi,” katanya, Rabu (9/12).

Menurut Muchlis, TRC yang dibentuk oleh GP Ansor ini nantinya bertugas melakukan pencegahan, sosialisasi dan evakuasi kepada masyarakat yang terkena dampak erupsi gunung Bromo.

“Dalam TRC ini kami akan menurunkan 80 orang anggota GP Ansor yang sudah terlatih dan tergabung dalam Banser Tanggap Bencana. Intinya, kami akan menurunkan anggota di setiap titik yang dianggap membutuhkan penanganan,” jelasnya.

Muchlis menerangkan bahwa pembentukan TRC ini merupakan salah satu bentuk kepedulian kepada sesama yang sedang terkena musibah dengan harapan dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya.

“Harapan kami keberadaan GP Ansor benar-benar bisa dirasakan oleh masyarakat. Jadi tidak hanya sekedar nama saja, tetapi juga ada bukti nyata dan keterlibatan dalam membantu masyarakat,” pungkasnya. (Syamsul Akbar/Abdullah Alawi)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)