Antisipasi Konflik, Lakpesdam Jatim Gelar Pelatihan Kader Damai

Jember, NU Online
Selama dua hari terakhir Lakpesdam NU Jawa Timur menggelar pelatihan kader damai di kecamatan Puger kabupaten Jember. Pada pelatihan, pihak penyelenggara melibatkan segenap unsur masyarakat mulai dari tokoh agama, aparat kepolisian, komunitas pemuda-pemudi, hingga nelayan setempat.

Menurut salah seorang panitia Yeni Luthfiana, pelatihan ini dimaksudkan untuk mencetak kader-kader dan relawan yang sadar konflik dan memunyai bekal mengantisipasi serta menanganinya.

“Intinya kita ingin mereka jadi kader yang jadi penggerak perdamaian, fasilitator perdamaian, dan sebagainya,” ujar Yeni di Puger, Rabu (19/8).

Yeni menambahkan, dari catatan sejarah, Puger memang dikenal rawan konflik mulai dari konflik antarnelayan, konflik antarkelompok agama, konflik kepentingan ekonomi, konflik yang dipicu soal politik, dan yang terakhir adalah konflik yang berlatar perbedaan paham keagamaan hingga menelan korban jiwa (2013).

Karena itu, lanjut Yeni, hal tersebut membutuhkan fasilitator yang mampu menjadi jembatan komunikasi antarpihak yang rawan konflik. “Sekaligus juga memberikan informasi yang benar soal hal-hal yang dikonflikkan. Kita berharap mereka bisa memberikan kontribusi untuk mewujudkan perdamaian, penghargaan terhadap kelompok minoritas dan sebagainya,” kata Yeni.

Pelatihan berlangsung di pendopo kantor kecamatan Puger. Tampak hadir puluhan peserta pada pelatihan ini.

Selain diisi dengan penyampaian materi, peserta juga “diajak” mengidentifikasi konflik yang ada di Puger khususnya daerah yang rawan konflik seperti desa Puger Kulon dan Puger Wetan.

“Jadi kita petakan dulu persoalannya, kelak penanganannya bisa lebih mudah,” pungkas Yeni. (Aryudi/Alhafiz K)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)