Arti Dakwah secara Luas Menurut LDNU NTB

Mataram, Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat melaksanakan dakwah dengan cara membina pemuda dan masyarakat. Hal ini disampaikan Drs Azrai Ghozali MPd, Sekretaris LDNU NTB kepada NU Online, Sabtu (27/6) di Aula Kantor PWNU NTB Jl Pendidikan No 6 Mataram.

Menurut akdemisi Universitas Mataram ini, dakwah tidak harus secara formal seperti biasanya, ada jamaah kemudian ada penceramah.

Seperti yang dilakukan pihaknya, Azrai melakukan pembinaan, pembagian sembako pada bulan Ramadhan di lingkungan Labuapai Desa Labuapai Lombok Barat.

“Hal ini juga merupakan dakwah dalam artian luas,” ujar Azrai Ghozali. 

Lebih lanjut ia memaparkan, gerakan sosial dengan cara memberikan modal usaha kepada warga sudah dilakukan. Modal itu di kembalikan dalam waktu 50 hari tanpa bunga, dan itu terus dilakukan secara bergilir diberikan kepada warga NU.

“Dakwah bil mal ini kami lakukan sebagai upaya gerakan ekonomi, karena tidak cukup kita melakukan dakwah tapi ekonomi masyarakat kita masih lemah,” jelasnya.

Dia pun mencontohkan gerakan pembinaan anak muda dan masyarakat yang dilakukan dengan cara pendekatan emosional dan pendekatan kultural. (Hadi/Fathoni)     

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: