Aswaja Center Ciptakan Literatur Digital Warga NU

Surabaya, NU Online
Beragam cara dilakukan oleh warga NU dalam menyambut Muktamar ke-33 NU yang akan berlangsung pada tanggal 1-5 Agustus nanti di Jombang. Seperti yang dilakukan oleh Zidni Nafi’ Akbar, salah seorang tim IT Aswaja NU Center Jatim ini. Dirinya berhasil membuat sebuah aplikasi yang berisikan kumpulan-kumpulan kitab yang ia namakan LIDI NU, Literatur Digital Warga NU.

Dirinya saat ini masih tercatat sebagai mahasiswa ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya) jurusan Fisika 2013. Menurutnya tujuan dibuatnya aplikasi tersebut adalah untuk lebih mengkoordinir materi yang relevan dan tradisi NU. 

“Agar mengkoordinir apa saja dasar amalan-amalan yang ada di jam’iyyah NU,” jelas mahasiswa asal Kediri ini. 

“Waktu pembuatan aplikasi ini sekitar satu hingga dua bulan. Yang membuat prosesnya agak lama adalah proses pengumpulan materi yang akan dimuat dalam aplikasi ini,” jelasnya. Ke semua materi yang dimuat di dalam aplikasi berasal dari berbagai web maupun perorangan yang memilki artikel maupun file yang berasal dari kiai maupun pengajian Nahdliyin.

Aplikasi ini nantinya memiliki sasaran pemuda yang berkecimpung di dunia maya. Selain itu, harapan ke depannya adalah semua elemen masyarakat jika ingin mencari referensi perihal permasalahan agama bisa mencari rujukan dari sini. 

“Jadi nantinya semua elemen masyarakat mencari referensi dari sini untuk berbagai permasalahan agama,” tambahnya. Aplikasi ini masih bisa berkembang lagi, dukungan dari berbagai elemen masyarakat khususnya Nahdliyin sangatlah diperlukan untuk aplikasi yang lebih baik lagi. Bagi yang ingin memperolehnya (mendownloadnya), bisa mengakes link berikut: http://lidi.aswajanucenterjatim.com/. (Hanan)Oleh: Ahmad Hanan

Penulis merupakan Mahasantri PBSB ITS jurusan Teknik Informatika ITS asal Rembang Jawa Tengah angkatan 2014 yang juga merupakan salah satu anggota CSSMoRA ITS, staff Departemen Hublu. Red: Mukafi Niam

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: