Banom dan OKP Rayakan Kirab Santri di Lombok

Mataram,
Hari Santri yang telah ditetapkan oleh Presiden Jokowi menjadi momen sejarah bagi para santri di tanah air. Kegembiraan para santri mulai bermunculan dengan beragam acara di seluruh Indonesia. Tak terkecuali di Pulau Lombok.

“Perayaan menyambut Hari Santri yang pertama kali dirayakan tahun ini di selenggarakan selama dua hari mulai tanggal 21-22 Oktober 2015 di pulau Lombok yang dipusatkan di Kota Mataram dan Lombok Barat,” kata Syamsul Hadi, koordinator pelaksana di Mataram (22/10). 

Menurut Ketua PW IPNU NTB ini, kegiatan pada Hari Rabu (21/10) digelar Silaturrahim Tokoh di Aula Kantor PWNU NTB. Pada acara ini, sejumlah tokoh hadir memberikan testimoni dan motivasi bagi para generasi muda baik yang dari banom maupun para santri yang hadir pada waku tersebut.

Diantaranya yang hadir Wakil Rais Syuriyah PWNU NTB (TGH Shaimun Faesal, MA), Ketua Tanfidziyah PWNU NTB (Drs. TGH Achmad Taqiuddin Mansur, M.Pd.I), Ketua PCNU Kota Mataram (ust. Fairuz Zabadi, SH) dan sejumlah pimpinan Banom dan Lembaga NU NTB serta ratusan kader tampak memadati aula PWNU NTB.

Kemudian, lanjutnya pada hari Kamis, (22/10) digelar Kirab Santri dengan bentuk Pawai dengan rute start dari halaman Kantor PWNU NTB menuju Makam Alm Tgh. Moh. Shaleh Hambali Bengkel Lombok Barat (rais syuriyah pertama PWNU NTB), dan finish di pesantren Nurul Islam NU Sekarbele Kota Mataram. 

Di makam tersebut rombongan disambut oleh TGH. Halisusabri yang tiada lain adalah cucu dari Alm Tgh Sholeh hambali bengkel.

Ratusan peserta pawai yang hadir juga rata-rata menggunakan peci hitam (songkok nasional) dan sarung dengan menggunakan sepeda motor baik roda empat dan roda dua dengan pengawalan dari Polres Kota Mataram.

“Mereka hadir dari Banom NU dan perwakilan pesantren yang ada di pulau Lombok,” kata Syamsul.

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama antara Lakpesdam NU, Ansor NU, Fatayat NU NTB, DPD KNPI, IPNU-IPPNU, PMII dan Kaper NTB. (Hadi/Mukafi Niam)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: