Banser Brebes Terjunkan 500 Personil Amankan Arus Mudik

Brebes, NU Online
Barisan Ansor Serba Guna (Banser) cabang Brebes berencana menempatkan 500 personilnya di berbagai titik rawan kecelakaan. Keberadaan mereka dimaksudkan akan membantu pengamanan arus mudik dan juga arus balik Lebaran.

Keberadaan Banser dipandang bermanfaat bagi kemaslahatan umat khususnya pengendara. Apalagi, Brebes menjadi titik lelah bagi perjalanan para pemudik dari Jakarta maupun kota-kota lainnya.

“Kami ingin membantu para pemudik agar lebih nyaman dan aman dalam menempuh perjalanan mudik Lebaran Idhul Fitri 1436 Hijriyah,” terang Kasatkorcab Banser Brebes Moh Ikhwan usai rapat koordinasi lintas sektoral jelang lebaran Idhul Fitri di Mapolres Brebes, Selasa (7/7).

Ikhwan menjelaskan, sebanyak 500 anggota Banser dari berbagai Satkoryon Banser sekabupaten Brebes akan membantu secara sukarela. Mereka juga ditempatkan di pusat keramaian dengan membangun pos pengamanan dan area istirahat. “Kami akan berusaha menolong pemudik yang melintasi Brebes dengan mengerahkan sekitar 500 personil lebih,” terangnya.

Menurut Ikhwan, siapapun pemudiknya akan dilayani secara baik. Pos-pos pelayanan Banser ditempatkan antara lain di SMP Islam Losari plus rest area, Masjid Al-Mukaromah Kluwut Bulakamba, Terminal, Masjid Izzul Islam Ketanggungan, Depan Kantor Kecamatan Wanasari plus area istirahat, Depan Kantor Baznas Brebes, Ciregol Tonjong, jalan lingkar Bumiayu dan perbatasan Paguyangan Purwokerto.

“Di pos exit tol Pejagan dan tol exit Banjaranyar Brebes Timur kami tidak membangun pos, tapi bergabung dengan pos Polres,” paparnya.

Kepada peserta rapat, Kapolres Brebes AKBP Harryo Sugihartono meminta kepada seluruh stake holder yang terlibat pengamanan mudik dan balik lebaran untuk membantu dengan sekuat tenaga. Di dalam hati harus kita tanamkan untuk memberikan sumbangsih yang terbaik bagi saudara-saudara kita yang mau pulang kampung.

“Polres telah membangun 1 Pos Induk, 11 Pos Pam dan 99 Sub Pospam,” terangnya.

Kapolres juga memerintahkan jajarannya untuk mewaspadai isi ceramah Idhul Fitri yang berisi provokasi. Meskipun menurut Harryo, di Brebes tidak ada aliran yang radikal seperti di daerah-daerah lainnya. Polres senantiasa menciptakan fungsi pencegahan sehingga semuanya bisa berlangsung aman dan damai. 

Wakil Bupati Brebes Narjo mengajak seluruh warga Brebes untuk membantu para pemudik dengan memberikan pelayanan terbaik. Apalagi Brebes sekarang ada jalan tol yang belum jadi, sehingga sangat  membutuhkan uluran tangan semua pihak untuk membantu memperlancar arus mudik maupun balik.

Brebes merupakan daerah tumpahan arus setelah tol Cipali dibuka. Pada tahun 2014 lalu, tercatat ada 1.212.318 kendaraan yang melintasi Brebes per hari. “Diperkirakan ada peningkatan 10 persen yang melintasi Brebes pada tahun ini berdasarkan prediksi dari Dinas Perhubungan Brebes,” kata Narjo.

Hadir dalam kesempatan ini Dandim 0713 Letkol Inf Efdal Nazra, seluruh Kapolsek, Pramuka, PLN, PDAM, DPU, dan berbagai instansi terkait. (Wasdiun/Alhafiz K)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: