Bedah Buku Islam Nusantara Akhiri Bazar Buku di LPBA Kajen

Pati,
Rangkain bazar yang diselenggarakan oleh tim perpustakaan Mutamakkin berakhir  dengan bedah kajian buku Islam Nusantara di gedung LPBA, desa Kajen kabupaten Pati, Selasa (3/11). Pada pertemuan ini, pihak penyelenggara menghadirkan salah seorang editor buku yang sedang dibedah Munawwir Aziz.

Menurut panitia M Farid Abbad, bazar yang dimulai sejak 14 Oktober hingga 3 November ini menyajikan bedah buku dari berbagai macam penerbit ternama di Indonesia.

Sementara Muawwir mengatakan di hadapan hadirin bahwa Islam Nusantara adalah Islam yang rahmatal lil ‘alamin, ramah, damai, sejuk, dan teduh.

“Islam Nusantara merupakan kajian sangat penting yang masih dalam proses konstruksi pengetahuan. Islam Nusantara sudah menjadi tradisi, serta praktik amaliyah bagi warga muslim di negeri ini.”

Menurut Munawwir, ragam keislaman dari kawasan Aceh hingga Papua yang secara geostrategis terbagi dalam kerajaan-kerajaan Islam Nusantara menjadi bagian penting dari wajah Islam Nusantara, yang juga mengalami dinamika perkembangan pengetahuan; dari fikih, nahwu hingga tasawuf.

“Ragam pengetahuan yang luar biasa itu, selama berabad-abad inilah yang hendak dihadirkan kembali dalam format yang lebih segar sebagai khazanah pengetahuan Nusantara,” terang Muzawwir.

Kegiatan yang sudah berjalan tiga pekan ini, kata Farid, terselenggara atas kerja sama semua panitia dan pihak-pihak terkait yang senantiasa mendukung dalam suksesnya acara ini.

Ia berharap ke depan bisa mengadakan even seperti ini secara istiqomah dengan menggandeng berbagai penerbit ternama di Indonesia. (Siswanto/Alhafiz K)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: