Begini Harmoni NU dengan Umat Agama Lain di Papua

Jayapura,
Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Ansor Provinsi Papua-Papua Barat menyelenggarakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Kediaman Ketua PW GP Ansor, di Perumahan Pemda II Sihombing Blok C. 12 Kotaraja Jayapura pada Rabu (30/12).

Ketua GP Ansor Papua-Papua Barat Ust Amir Madubun mengatakan, peringatan tersebut bertujuan untuk membangkitkan rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW. “Tujuan diselenggarakannya Maulid Nabi ini adalah untuk membangkitkan semangat  dan cinta umat Islam, khusunya  keluarga besar GP  Ansor Papua kepada junjungan Nabi Muhammad SAW,” jelasnya.

Terkait dengan Natal dan Maulid yang hanya berselisih sehari, kata dia, bagi sejumlah pemuda di Papua, momentum tersebut digunakan untuk saling membantu agar perayaan keduanya berjalan dengan lancar.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad yang diselenggarakan di kediamanya juga tak lepas dari bantuan tetangga-tetangga yang berbeda keyakinan. “Walaupun masih dalam momen Natal, tetangga saya yang Kristen, malamnya membantu menyiapkan sound system dan lainya,” jelasnya.

Begitu juga waktu perayaan Natal, pihaknya membantu pengamanan. “Kami ikut  menjaga perayaan Natal di bebrapa gereja dalam rangka memupuk toleransi demi keutuhan bangsa  dan negara,” pungkasnya.

Ust Hamam Nasirudin, alumnus Pondok Pesantren Langitan, menyampaikan dengan adanya Peringatan Maulid Nabi bisa menjadi media silaturahim ukuhwah islamiyah dan menghidupkan suasana yang damai di tanah Papua.

“Kita tahu di Papua ada  berbagai suku dan agama. Tentu dulu Nabi Muhammad diutus untuk memberikan rahmat bagi seluruh alam. Nah, dengan maulid, kita harus berusaha  menghidupkan rahmat di tengah-tengah masarakat yang sangat majemuk. Suasana Maulid seperti ini harus terus dijaga agar tanah Papua tetap aman dan damai,” ujar Ketua PMII Jayapura ini.

Tokoh agama dari Maluku yang turut hadir dalam acara, KH Muhammad Usman Fakaufu, sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. “Saya bangga, dengan adanya kegiatan yang diselenggarakan oleh GP Ansor. Ini satu bukti bahwa pemuda itu secara serius mau mempopulerkan apa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW sehingga ajaran Nabi ini tidak dilupakan orang,” jelasnya.

Hadir pada kesempatan itu Pengurus PC GP Ansor Yahukimo, Pengurus PC GP Ansor Sarmi, Pengurus PC GP Ansor Bramo Tengah, Pengurus PC GP Ansor Puncak Jaya, Pengurus PC GP Ansor Nabire, Pengurus PC GP Ansor Kerom, Pengurus PC GP Ansor Mangten, Ust Seno Budi Santoso (mantan Ketua Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Jayapura) , (Ketua PMII Jayapura), Ust Qomar (Sekretaris GP Ansor Papua). (Abdul Wahab/Abdullah Alawi)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)