Berkah Ramadhan, Mamin Takjil Laris Manis

Probolinggo, Peluang usaha berjualan makanan-minuman (mamin) di bulan puasa Ramadhan sangat menjanjikan. Meski banyak pelaku usaha yang sama-sama berjualan, mamin untuk takjil ternyata laris manis diserbu para pembeli.

Tidak hanya pedagang yang mendapatkan keuntungan, juga produsen mamin. Saat Ramadhan, pedagang takjil berjualan dengan berkelompok dan sendirian.  Apapun bentuknya, menjelang bedug maghrib, dagangan mereka laris diburu pembeli. Ramainya transaksi jual-beli mamin itu terlihat di antaranya di Alun-alun Kota Kraksaan Kabupaten Probolinggo.

Pemandangan di bagian selatan Alun-alun Kota Kraksaan kembali ramai dengan pedagang takjil seperti tahun sebelumnya. Puluhan stand takjil yang didirikan, Jum’at (19/6) seluruhnya terisi. Banyaknya pedagang yang berjualan masih kalah banyak dibandingkan dengan konsumen yang berbelanja.

Puluhan tenda tersebut sudah mulai dipasang sehari sebelum tibanya bulan suci Ramadhan 1436 H. Untuk bisa menempati stand tersebut, pedagang harus menyewa kepada Paguyuban Pedagang Takjil.

Rata-rata mereka adalah pedagang lama yang selama bertahun-tahun berjualan di kawasan tersebut. “Alhamdulillah, sudah habis dagangan saya. Ini adalah berkah dari datangnya bulan suci Ramadhan,” ujar Husna, salah seorang pedagang takjil.

Husna asal Kelurahan Patokan Kecamatan Kraksaan ini mulai menggelar dagangannya pada pukul 16.00 WIB. Biasanya setelah buka puasa, barang dagangannya akan dikemasi dan dibawa pulang. “Sekarang saja kue jualan saya sudah tinggal sedikit. Semoga besok bisa laris semua,” harapnya.

Sementara Sulastri, salah seorang pengunjung mengatakan bazar takjil tahun ini cukup ramai. Selain pedagangnya banyak, pengunjungnya juga banyak. Menurutnya, banyak pilihan takjil yang bisa dibeli konsumen.

“Semuanya sudah ada disini. Masalahnya saya tidak sempat masak di rumah. Jadi bazar takjil ini sangat membantu bagi masyarakat yang sedang menjalankan ibadah puasa dan tidak sempat masak di rumahnya,” katanya. (Syamsul Akbar/Mahbib)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: