Bersama Rektor, PMII Unsuri Gelar Istighotsah dan Diskusi

Sidoarjo, Pengurus Komisariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Universitas Sunan Giri (Unsuri) di Waru Sidoarjo, Jawa Timur, menggelar acara istighotsah dan diskusi bersama bertajuk “Peran Pemuda dalam berbangsa dan bernegara” di gedung Fisip C Unsuri, Kamis (29/10).

“Kami mengadakan istighotsah dan diskusi bersama ini agar para kader serta pengurus komisariat hingga rayon PMII Unsuri dapat mengambil tindakan yang bisa membangun pribadinya sendiri dan pribadi orang lain menjadi lebih baik,” kata Ketua Komisariat PMII Unsuri, Muhtadi.

Istighotsah dan diskusi bersama itu dikemas dalam rangka refleksi Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober. Dengan mengangkat tema “Peran Pemuda dalam berbangsa dan bernegara” ini dapat ditarik benang merahnya bahwa peran pemuda dalam memajukan bangsa dan negara sangatlah penting.

Pasalnya, maju dan tidaknya suatu bangsa dan negara tergantung pada pemudanya. Jika pemuda mempunyai semangat juang Nasionalisme tinggi, maka secara otomatis bangsa serta negara itu akan maju, begitu pula sebaliknya.

“Jika semangat juang para pemuda itu minim, maka akan serasa sukar untuk maju. Bung Karno pernah berkata bahwa ‘Beri aku 10 pemuda maka akan ku goncangkan dunia’. Dari pepatah itu, pemudalah yang menjadi agent of change dan agent of control saat ini,” ujar Muhtadi.

Acara istighotsah dan diskusi bersama yang dihadiri sekitar 50 peserta terdiri dari Rektor Unsuri, H Soenarjo, Pengurus Komisariat PMII Unsuri, Pengurus Rayon Al-Azhar, Rayon Radikal Ekonomi, Rayon Nusantara beserta kader PMII Unsuri Sidoarjo berjalan penuh khidmat.

Rektor Unsuri Sidoarjo, H Soenarjo mengapresiasi atas terselenggaranya acara tersebut. Pihaknya menyampaikan terima kasih kepada Pengurus Komisariat PMII Unsuri yang telah mengadakan acara tersebut sehingga bisa bertatap muka dengan para generasi penerus bangsa.

“Semoga kita mampu berperan aktif dalam gerakan kemerdekaan seperti lambang NU,” ucapnya singkat. (Moh Kholidun/Mahbib)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: