Besok, LPBI NU Gelar Diskusi Publik Solusi Bencana Asap

Jakarta, Pengurus Pusat Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) akan menggelar diskusi publik bertema “Mencari Solusi Asap yang Tak Kunjung Lenyap”, Selasa (13/19), pukul 13.00-17.00 WIB.

Kegiatan yang akan berlangsung di Gedung PBNU, Lantai 8,  Jalan Kramat Raya 164 Jakarta Pusat, ini diselenggarakan atas dasar keprihatinan terhadap bencana asap yang menyebar di Sumatera dan Kalimantan akibat kebakaran hutan dan lahan.

Dalam undangan yang diterima NU Online, pembicara yang dijadwalkan hadir antara lain. Raffles B Panjaitan (Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan KLHK), Tri Budhiarto (Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB), Togu Manurung (Forest Watch), Raynaldo Sembiring (Indonesian Center for EnviromentalLaw/ICEL), dan Soewarso (PT Sinar Mas).

Ketua PP LPBI NU M. Ali Yusuf mengatakan, dampak adanya asap tebal tersebut adalah meningkatnya penyakit ISPA (infeksi saluran pernapasan akut), lumpuhnya pelayanan publik, matinya sektor jasa, dan pemenuhan kebutuhan dasar yang terancam.

“Permasalahan tersebut membutuhkan solusi bersama antar pemangku kepentingan, sehingga peristiwa tahunan tersebut dapat segera diatasi dan dicarikan solusi yang permanen sehingga program Nawa Cita sebagai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional dapat diaktualisasikan dengan baik dan tidak berubah menjadi Duka Cita,” katanya.

LPBI NU mengajak masyarakat secara umum, termasuk awak media cetak, elektronik, dan online untuk turut serta dalam diskusi tersebut. (Mahbib Khoiron)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: