Buka 5 Fakultas, UNUSU Terima Mahasiswa Perdana

Medan, NU Online
Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara (UNUSU) yang telah mengantongi Izin Mendikbud No 576/E/O/2014, mulai tahun akademik 2015/2016 ini menerima mahasiswa perdana. UNUSU yang mengasuh lima fakultas dengan 10 program studi ini, telah terakreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

“Kendati masih baru, tidak perlu ada keraguan masyarakat masuk UNUSU. Sebab semua prodi telah terakreditasi. Universitas ini juga terbuka bagi semua pemeluk agama,” kata Rektor UNUSU Prof Dr Ir Ahmad Rafiqi Tantawi di sela-sela acara berbuka puasa bersama civitas akademika UNUSU dan warga NU Sumut, di kampus II UNUSU jalan HA Manaf Lubis/Gaperta Ujung nomor 2 Medan, Jumat (10/7).

Tampak hadir Ketua Badan Pengelola UNUSU H Ashari Tambunan, Ketua PWNU Sumut H Afifuddin Lubis, Wakil Rais Syuriyah PWNU Sumut KH H Imron Hasibuan, para Dewan Pakar UNUSU di antaranya Prof Dr Abbas Pulungan, Prof Dr Pagar Hasibuan, Prof Dr Katimin, H Ali Jabbar Naputupulu, dan civitas akademika UNUSU.

Menurut Rafiqi, lima fakultas dan 10 prodi yang diasuh UNUSU disesuaikan dengan kebutuhan lapangan kerja di Sumut dan Indonesia.

Untuk Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), UNUSU membuka Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) program S1. Fakultas Pertanian mengasuh prodi budidaya pertanian, ilmu dan teknologi pangan, dan agribisnis (S1). Kemudian Fakultas Ilmu Komputer dengan prodi ilmu komputer, sistem informasi, dan teknik informatika (ketiganya S1). Fakultas Ekonomi mengasuh prodi manajemen.

Sementara Fakultas Ilmu Kesehatan mengasuh prodi Gizi Kesehatan (S1) dan Analis Kesehatan (D-III).

“Yang spesifik, UNUSU punya S1 ilmu komputer. Selain itu prodi teknologi pangan dan budidaya pertanian yang belum banyak di Sumut. Sebab PTS lain biasanya membuka agroteknologi. Di bidang ilmu kesehatan, kita punya analis kesehatan dan ilmu gizi yang masih langka di Sumut. Begitu juga prodi PGSD, belum banyak dibuka di Sumut,” kata dosen Kopertis Wilayah I Sumut ini.

Soal tenaga akademik, jauh sebelumnya Tim Percepatan Pendirian UNUSU telah merekrut dosen baru dan segar, dan didukung dosen-dosen senior yang berkapasitas teruji.

“Selain itu, UNUSU telah menjalin berbagai kerja sama, di antaranya dengan Universitas Sumatera Utara (USU) dan Universitas Medan Area (UMA). UNUSU juga tengah menjajaki kerja sama dengan Universiti Sains Malaysia (USM). Untuk fasilitas praktikum, UNUSU bisa menggunakan Growth Center Kopertis Wilayah I Sumut,” kata Direktur Growth Center ini.Rafiqi menyatakan UNUSI siap menampung 1.000 mahasiswa, yakni 100 mahasiswa per prodi. 

Dalam kesempatan itu, Ketua Badan Pengelola UNUSU H Ashari Tambunan menyatakan, Badan Pengelola mendukung finansial agar UNUSU bisa berkembang lebih cepat. Karenanya, ia meminta rektorat menyusun program dan taksiran biayanya.

“Saya harap rektorat fokus mengurusi dan melaksanakan program dalam memacu pengembangan UNUSU, salah satunya melakukan sosialisasi. Sedangkan soal finansial, Badan Pengelola akan mendukung sepenuhnya,” kata mantan Ketua PWNU Sumut. (Hamdani Nasution/Alhafiz K)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: