Calon Anggota Banser Tak Sekadar Dilatih Fisik

Pringsewu, Dalam rangka merealisasikan program kerja sekaligus menyiapkan kader Barisan Serbaguna (Banser) yang kuat, Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Pringsewu menggelar Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) dan Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) Angkatan I selama 5 hari di Kompleks Gedung NU Kabupaten Pringsewu, Lampung.

Ketua PC GP Ansor Kabupaten Pringsewu M Sofyan mengatakan, rangkaian kegiatan ini diikuti 55 orang kader banser baik dari cabang, anak cabang, maupun ranting GP ansor yang ada di Kabupaten Pringsewu. Kegiatan ini menghadirkan Pemateri dan instruktur dari tingkat pusat, provinsi, dan kabupaten, di antaranya Adnan Arief (Pusat); KH Khairuddin Tahmid, Muhyidin Tohir, Tatang Sumantri (Provinsi); H Taufiqurrohim, Munawwir (Kabupaten).

Kegiatan pengkaderan ini bertujuan selain menggodok fisik dan keterampilan, para calon anggota Banser juga digembleng secara mental dan spiritual. “Secara umum materi yang disajikan pada kegiatan ini meliputi, Ke-NU-an, penghayatan kepada empat pilar kebangsaan, serta kewirausahaan,” ujarnya.

Lebih lanjut M.Sofyan mengharapkan setelah kegiatan ini para peserta dapat mengamalkan ilmu dan keterampilan yang didapat di tengah masyarakat dan mampu menjadi benteng bagi ulama dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sesuai dengan amanat organisasi.

“Ansor senantiasa berkomitmen menangkal segala bentuk anarkisme, maupun upaya-upaya inkonstitusional yang mengancam keutuhan bangsa,” tegasnya.

Hal ini juga diamini Kasatkorcab Banser, Sunarman saat ditemui diruang Ansor lantai 3 gedung ini. “Terhitung mulai 31 Mei sampai dengan 4 Juni 2015, secara sistematis telah kami susun materi dan instruktur yang berkompeten untuk menggembleng kader kita,” terangnya. Sunarman menepis anggapan kegiatan ini murni aspek fisik ala militer saja, namun pelatihan pengembangan diri dan pemberdayaan yang bersifat produktif dan mandiri juga disertakan.

“Agar kaum muda NU tidak terpengaruh oleh arus globalisasi yang negatif, maka dilatih juga tentang kemandirian dan life skill,” pungkasnya.

Dihubungi lewat Telepon, Ketua PCNU Kabupaten Pringsewu H Taufiqurrohim mengungkapkan apresiasinya atas dilaksanakanya PKD dan Diklatsar ini. Ia berpesan agar para peserta bersungguh- sungguh dan serius mengikuti kegiatan agar nantinya benar-benar tumbuh kader-kader Ansor dan Banser yang tangguh, siap berkhidmat untuk ummat dan siap mengembangkan faham Ahussunnah wal Jamaah. (Muhammad Faizin/Mahbib)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)