Di Muka Sekda, IPNU dan IPPNU Jepara Perjuangkan Pelajar Putus Sekolah

Jakarta, NU Online
Pengurus Pimpinan Cabang IPNU dan IPPNU Jepara menemui Sekretaris Daerah (Sekda) kabupaten Jepara Sholih di rumah dinasnya, Selasa (14/7). Dalam pertemuan yang dirangkai dengan buka puasa bersama ini, rombongan yang berjumlah sedikitnya 30 pelajar ini mengungkapkan fenomena pelajar putus sekolah karena masalah biaya.

Pada pertemuan ini, mereka membahas perihal bagaimana peran pemerintah terhadap sekolah-sekolah swasta khususnya dan pendidikan di Jepara pada umumnya menjelang Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB).

Menurut Sekretaris IPNU Jepara Riyan Azis Salafuddin, sekarang ini sudah banyak berdiri sekolah mulai baik negeri maupun swasta di Jepara. Namun masih ada beberapa anak usia SMP yang tidak bersekolah lantaran tidak ada biaya.

“Selain itu juga ada lebih banyak anak usia SMA yang putus sekolah,” ujar Riyan.

Sementara Sekda Jepara Sholih menyatakan bahwa terkait masalah pendidikan, pemerintah telah mengupayakan sebaik-baiknya seperti adanya Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Sertifikasi bagi para guru.

Saat ini Pemkab Jepara juga mengupayakan peningkatan kualitas sekolah-sekolah swasta, pemberian beasiswa bagi siswa kurang mampu, juga ditambah dengan program dari Dinas Sosial yang menyelenggarkan Pengurangan Pekerja Anak (PPA).

“Semua itu tinggal kemauan saja,” ujar Sholih. (Red Alhafiz K)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: