Dilantik, PCNU Kota Kraksaan Diharapkan Dorong Ekonomi Nahdliyin

Probolinggo, PCNU Kota Kraksaan Probolinggo periode 2015-2020 dilantik, Ahad (14/6) di Pondok Pesantren Rahmatal Lil Alamin di Dusun Toroyan Desa Rangkang Kecamatan Kraksaan. Selain itu, juga digelar pelantikan pimpinan cabang Lembaga dan Lajnah NU Kota Kraksaan.

Pelantikan ini dihadiri Wakil Ketua Tanfidziyah PWNU Jatim H Sonhaji Soleh, Mustasyar PCNU Kota Kraksaan H Hasan Aminuddin, Bupati Probolinggo Hj Puput Tantriana Sari, Wakil Bupati Probolinggo H Timbul Prihanjoko dan Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Probolinggo KH Abdul Hadi. 

Wakil Ketua Tanfidziyah PWNU Jatim H Sonhaji Soleh mengatakan, pengurus PCNU Kota Kraksaan yang baru dilantik bisa meneruskan perjuangan para pendiri NU. Yakni, membangun, memperjuangkan dan mengembangkan Islam Ahlussunnah Wal Jamaah. “Atau yang populer Islam Nusantara,” katanya. 

Sonhaji menegaskan, pengurus PCNU Kota Kraksaan bisa terus memperkuat dan mempertahankan pemikiran-pemikiran pendiri NU terdahulu. Caranya, terus mencari dan menyiarkan ajaran Ahlussunnah wal Jamaah.

Sejak berdiri 92 tahun yang lalu, hingga saat ini sebenarnya NU terus berkembang dan anggotanya terus bertambah dan bukan berkurang. “Jamaah NU tidak pernah susut. Namun, terus bertambah jumlahnya,” tegasnya.

Sementara Mustasyar PCNU Kota Kraksaan H Hasan Aminuddin menjelaskan, keberhasilan Komisi VIII DPR RI menurunkan ongkos haji dari Rp 44 juta lebih menjadi sekitar Rp 37 juta lebih atau turun sekitar Rp 6,5 juta. “Itu adalah sejarah karena baru pertama kali ongkos haji turun,” terangnya.

Selain itu, Hasan bersama anggota Komisi VIII DPR RI akan terus mengawal proses haji. Sehingga, mampu meningkatkan pelayanan pada jamaah. Salah satu upaya lainnya akan mendorong Kementerian Agama untuk memprioritaskan pemberangkatan jamaah haji yang belum pernah haji. Sebab, sesuai rukun Islam, haji satu kali. 

“Jadi yang selama ini sudah mendaftar, namun sudah pernah haji, dikembalikan saja uangnya. Dan, diganti dengan umrah,” ujarnya.

Sementara pada pengurus yang baru dilantik, Hasan berharap bisa mendorong perekonomian warga NU melalui ekonomi kreatif. Sehingga, NU terus bertahan di zaman ini. “Buat program ekonomi kreatif melalui organisasi NU, misalnya GP Ansor dan lainnya,” tambahnya. (Syamsul Akbar/Fathoni)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: