Dispilin Banser Penting dalam Menjalankan Tugas

Jombang, Kapolres Jombang, AKBP Sujarwoko menghimbau Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kabupaten Jombang, Jawa Timur untuk meningkatkan kedisiplinan dalam menjalankan tugasnya. Sebab sikap disiplin sangat penting dimiliki tim pengamanan atau pengawalan demi menciptakan rasa aman di masyarakat.

Pernyataan tersebut disampaikan saat memimpin perjalanan apel Banser Jombang dalam rangka peringatan resolusi jihad sekaligus pembukaan Diklatsar (Pendidikan dan Pelatihan Dasar) di lapangan Kecamatan Jogoroto, Jum’at (16/10) lalu. Ia menegaskan dalam menjalankan tugas keamanan harus memiliki kedisiplinan yang tinggi. “Kita harus disiplin agar setiap melakukan tugas kita terhindar dari kesalahan dan kealpaan,” ungkapnya, Jum’at siang (16/10).

Sujarwoko menambahkan, tugas pengamanan yang harus digalakkan untuk saat ini adalah mempertahankan keutuhan nilai-nilaiPancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), sebab kelompok radikal tersebar luas keberbagai daerah. “Perbuatan orang-orang yang tidak bertanggung jawab contohnya seperti radikalisme atau terorisme ada dimana-mana,” ujarnya.

Sementara itu, lanjutnya, dalam memperkuat ketahanan pengamanan dibutuhkan kerjasama yang baik antara kapolres, Banser dan masyarakat Jombang khususnya, tiga elemen itu memiliki tanggung jawab yang sama dalam pengamanan. “Saya berharap bisa menjadi motivator terhadap pengamanan yang ada di negara kita.oleh sebab itu masalah keamanan bukan hanya milik petugas keamanan yang ada negara kita melainkan adalah tanggung jawab kita semua,” terangnya.

Tampak hadir pada kegiatan menyambut Resolusi Jihad Ketua PCNU Jombang KH Isrofil Amar, Ketua PC Ansor Jombang, Zulfikar Damam Ikhwanto beserta jajarannya, Bupati Jombang, Nyono Suharli Wihandoko dan Wakil Bupati Jombang, Munjidah Wahab, Mereka menyaksikan apel tersebut hingga rampung.

Di hadapan kurang lebih dari 500 personel Banser, Nyono meminta barisan pengamanan, kepolisian dan Banser dapat membantu menyukseskan program pemerintahan dengan inten. “mari sukseskan program pemerintah pusat dan daerah bersama bersama Pemerintah Kabupaten Jombang,” pintanya.

Di saat yang sama Zulfikar menuturkan, setelah apel banser dilanjutkan dengan kegiatan Diklatsar selama tiga hari ke depan untuk calon anggota Banser. “Setelah ini dilanjutkan dengan acara diklat untuk 200 para calon anggota Banser Jombang,” tuturnya. (Syamsul/Fathoni)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: