Fatayat NU Karanganyar Gelar Pelatihan Ternak Ayam

Karanganyar, Pengurus Fatayat NU Kabupaten Karanganyar menggelar pelatihan kewirausahaan dengan mengambil peluang dalam usaha perternakan ayam Jawa super bertempat di kantor PCNU Karanganyar, Jawa Tengah, Senin-Sabtu (9-14/11).

Menurut Sriyatun, salah satu panitia, dalam pelatihan yang digelar selama enam hari tersebut diikuti oleh peserta yang merupakan mantan TKI. “Pelatihan itu memang difokuskan untuk para mantan Tenaga Kerja Indonesia karena kami juga bekerjasama dengan P3TKI wilayah,” terangnya.

Tujuannya, lanjut dia, memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan kewirausahaan bagi para mantan TKI dan mendorong mereka agar lebih produktif. Sehingga mereka lebih sejahtera di negeri sendiri, dan tidak ingin lagi mencari penghidupan di negeri orang dengan meninggalkan keluarga.

Sementara dipilihnya ayam Jawa super sebagai proyek dalam pelatihan ini, yaitu selain harganya yang lebih mahal dari ayam boiler, ayam jawa super juga memiliki masa panen yang relative singkat, hanya sekitar dua bulan ayam ini siap potong. Selain itu ayam jawa super juga perawatannya lebih mudah. Oleh sebab itu ayam jawa super memiliki daya tawar yang menggiurkan bagi para pelaku bisnis, imbuhnya.

“Harapannya usai pelatihan ini akan semakin banyak wirausaha dan berkurangnya pengangguran di wilayah Karanganyar khususnya,” tandas Sriyatun. (Ahmad Rosyidi/Fathoni)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: