Fatayat NU Kotaanyar Dilatih Aneka Olahan Pisang

Probolinggo, Sedikitnya 40 orang anggota Fatayat NU dari Kecamatan Kotaanyar Kabupaten Probolinggo, Jawa Tengah mendapatkan pelatihan kewirausahaan keterampilan aneka olahan pisang dari Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kabupaten Probolinggo, Selasa (17/11).

Pelatihan yang dipusatkan di Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Falah Desa Pondok Kelor Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo ini dihadiri narasumber Khusnul Latifa dari Aniki Food Kecamatan Tongas.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Probolinggo Santiyono mengatakan, pelatihan keterampilan aneka olahan pisang ini bertujuan meningkatkan kemampuan Fatayat NU sebagai calon wirausaha baru di Kabupaten Probolinggo.

“Disamping juga untuk menumbuhkan sektor usaha berbasis ekonomi kreatif. Dimana dalam pelatihan ini para anggota Fatayat NU juga dilatih untuk meningkatkan kualitas produknya,” ujarnya.

Dalam pelatihan ini, para anggota Fatayat NU dilatih untuk membuat aneka olahan pisang mulai dari keripik pisang coklat, brownies basah, dan brownies kering berbahan kulit pisang.

“Mudah-mudahan pelatihan ini dapat meningkatkan pendapatan masyarakat serta meningkatkan perekonomian Kabupaten Probolinggo. Apalagi pelatihan ini juga merupakan salah satu upaya untuk memberikan bekal keterampilan kepada masyarakat menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015,” pungkasnya.

Sementara Pengasuh Pesantren Nurul Falah, Hj Devi Silvianita Agustin menyampaikan ucapan terima karena dipercaya menjadi tempat pelaksanaan pelatihan keterampilan aneka olahan pisang bagi pengurus Fatayat NU dari Kecamatan Kotaanyar. Menurutnya, kegiatan ini sejalan dengan program pesantren yang ingin memberdayakan perekonomian masyarakat.

“Mudah-mudahan dengan pelatihan ini, para pengurus Fatayat NU memiliki keterampilan yang dapat diimplementasikan di tengah-tengah masyarakat untuk menciptakan usaha rumah tangga atau home industry yang akan menambah pendapatan keluarganya,” katanya. (Syamsul Akbar/Fathoni)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: