Fatayat Yogyakarta Adakan Pemeriksaan Kespro Gratis

Yogyakarta, NU Online
Kespro sangat penting untuk remaja. Banyak dari kalangan remaja tidak mengetahui apa itu kesehatan reproduksi (Kespro). Sehingga tidak sedikit remaja yang terjerumus dalam pergaulan bebas dan pengaruh teknologi. Dalam rangka itu, Fatayat NU Kota Yogyakarta turun memberikan penyuluhan untuk mengantisipasi gangguan kespro.

Rif’atul Ilmiah saat ditemui di acara penyuluhan dan pemeriksaan kespro di Gedung Pesantren Putri Nurul Ummah Kota Gede jalan Ronggo Prenggan Kota Gede, Ahad (14/6) pagi, mengatakan, “Kita memberikan penyuluhan tentang kesehatan reproduksi untuk remaja. Agar remaja tahu konsekuensi dan akibat dari tindakan negatif yang dilakukannya,” tuturnya.

Hal senada disampaikan Ketua Panitia Acara Pra Muktamar PCNU Kota Yogyakarta H Abdul Halim. Menurutnya, remaja harus dibekali dengan pengetahuan yang benar terkait kespro agar mereka tidak salah paham.

“Bila mereka sudah tahu, pasti nanti mereka sadar tentang pentingnya kesehatan itu,” pesan Abdul Halim.

Acara yang mengusung tema “Pahami dan Tangani Kesehatan Reproduksi (Kespro) Menuju Yogyakarta Sehat” ini dihadiri para remaja putri nahdliyyin dari santri warga sekitar, kader Fatayat dan IPPNU Kota Yogyakarta.

“Untuk remaja kita adakan penyuluhan. Sedangkan untuk pemeriksaan kespro kita tujukan untuk ibu-ibu,” jawab Rif’atul Ilmiaah saat ditanya tentang konsep acara tersebut.

Pemeriksaan kespro itu terdiri atas pemeriksaan IMS, IVA, HIV dan pelayanan KB. Itu semua diberikan secara gratis untuk warga sekitar.

Adapun pemateri penyuluhan dan tim medis pemeriksaan kespro didatangkan langsung dari PKBI DIY. Kegiatan ini bisa terlaksana atas kerja sama antara Fatayat Kota Yogyakarta, Muslimat Kota Yogyakarta dan PKBI DIY.

Kegiatan yang dihadiri sekitar 50 perempuan ini juga dihadiri Ketua Fatayat dan Muslimat serta Wakil Ketua II DPRD Kota Yogyakarta Ririk Banowati Permanasari. (Suhendra/Alhafiz K)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: