Forum Komisariat PMII Se-Jombang Gelar Dialog Interaktif Kepahlawanan

Jombang, Pimpinan Komisariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) se-Jombang yang tergabung dalam Forum Komunikasi Komisariat Jombang (FKKJ) menggelar dialog intraktif kepahlawanan, Selasa (10/11) lalu di halaman makam KH Wahab Hasbullah (Mbah Wahab), Tambakberas, Jombang, Jawa Timur.

Ketua Komisariat PMII Ya’qub Husein STIT Al-Urwatul Wutsqo, Rif’atuz Zuhro mengatakan, kegiatan tersebut untuk memperingati hari pahlawan serta mendalami pengetahuan terkait perjuangan dan jasa-jasa para pahlawan Indonesia khususnya. “Untuk merefleksikan semangat dan perjuangan tokoh pahlawan di hari pahlawan ini, salah satunya tokoh Mbah Wahab,” katanya kepada NU online saat dihubungi, Selasa (10/11).

Sementara konsep dialog tersebut, Ririf, sapaan akrabnya menjelaskan, tidak hanya membincangkan sejarah perjuangan para pahlawan, namun lebih dari itu indikatornya memberikan gambaran perjuangan pahlawan melawan penjajah pada zamannya. Sehingga lebih bisa menanamkan semangat pemuda dalam meneruskan perjuangan mereka. 

“Kami membuat konsep seperti itu tdk hanya ingin membicarakan sejarah perjuangan, tapi juga dapat memberikan gambaran yg jelas bagaimana perjuangan melawan penjajah pada saat itu. Sehingga refleksinya nyata membakar semangat kaum pemuda,” tambahnya. 

Dengan demikian, lanjutnya, acara yang bertajuk “Reaktualisasi Nilai-Nilai Patriotisme Dalam Jiwa Pemuda Bangsa Indonesia” ini bisa membangun kesadaran pemuda khususnya untuk terus menjunjung tinggi terhadap nilai-nilai kepahlawanan, sebab kemerdekaan Indonesia ini tidak lepas dari perjuangan mereka.

“Kami berharap setelah acara refleksi ini kaum pemuda dapat menyadari bahwa peran pemuda islam ataupun para santri sangat penting dan sangat besar. Pemuda Islam juga harus menjadi komando terdepan untuk tetap mengawal cita-cita kemerdekan Indonesia,” ungkapnya.

Sebagai pembicara pada dialog ini, pihaknya mendatangkan KH Fadlullah Abdul Malik, Waka Majelis Pengasuh Pondok Pesantren Bahrul Ulum yang juga sebagai PW GP Ansor Jawa Timur. Acara ini diikuti oleh perwakilan dari komisariat se-Jombang dan PC PMII Jombang. Hadir juga beberapa santri Bahrul Ulum. Sebelumnya, para aktivis ini sempatkan membaca tahlil, istighotsah bersama dan tabur bunga di makam Mbah Wahab. (Syamsul Arifin/Fathoni)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: