Forum Lintas Pemuda Gelar Deklarasi Umat Bersatu

Mataram, Forum Lintas Pemuda di Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar Deklarasi Umat Bersatu dengan tema “Komunikasi Baik Menuju Keharminisan Beragama.”  Deklarasi diadakan di Lt 1 Mall Dua Mataram, Kamis (13/8) kemarin.

Tampak hadir sejumlah tokoh lintas agama, tokoh organisasi masyarakat, para pimpinan organisasi pemuda dan pelajar yang ada di NTB.

Sebelum acara deklarasi dilangsungkan, terlebih dahulu dirangkaikan dengan  dialog lintas agama. Enam perwakilan agama diberikan kesempatan menjadi pembicara dengan durasi waktu 5 menit untuk menyampaikan materinya.

Setelah dialog dilangsungkan pembacaan naskah deklarasi lalu diserahkan kepada Gubernur Provinsi NTB DR. TGH. M. Zainul Majdi, MA. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan atas nama Gubernur.

“Saya memberikan apresiasi atas kegiatan pemuda dan toloh agama yang berlangsung hari ini,” kata Tuan Guru Bajang sapaan akrabnya.

Dia pun terharu melihat para tokoh lintas agama yang berdiri bersama saat pembacaan teks deklarasi. “Mereka adalah tokoh agama, orang tua kita yang memiliki semangat kepemudaan,” katanya.

Deklarasi ini, katanya merupakan momen peneguhan, komitmen bersama bahwa semua bersaudara meski berbeda agama, ras, suku dan lainnya bahkan mungkin status sosial juga berbeda.

“Namun kita bersama di dalam rumah ke-NTB-an, dan mari jaga bersama, kenyamanan,” harapnya. (Samsul Hadi/Anam)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)