Gandeng STIKES ICME Jombang, STAINU Jakarta Gelar Seminar Rembug Desa

Jombang, Bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) ICME Jombang, STAINU Jakarta disela Muktamar Ke-33NU, Senin (3/8) mengadakan kegiatan seminar nasional dan rembug desa dengan tema ‘Strategi Implementasi Kebijakan Pelayanan Sosial Dasar Masyarakat di Desa’. Acara tersebut diselenggarakan di Aula STIKES ICME Kampus C Jombang.

Kegiatan dibuka dengan orasi ilmiah oleh Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kementerian DPDTT, Prof Dr Ahmad Erani Yustika dan dilanjutkan dengan seminar dan rembug desa dengan narasumber M Zainul Arifin, M.Kes (Ketua STIKES ICME Jombang), dr Syahrizal Syarief, M.PH, PhD (Ketua STAINU Jakarta), dan Dr Hanibal Hamidi, MKes (Direktur Pelayanan Sosial Dasar KDPDTT).

Aris Adi Leksono, M.Pd (Pembantu Ketua IV STAINU Jakarta) mengatkan, bahwa seminar ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan STAINU Jakarta di Muktamar Ke-33 NU. Juga bertujuan untuk merumuskan gagasan-gagasan tentang pembangunan desa, terutama menyangkut kebutuhan dasar, seperti pendidikan dan kesehatan. 

Lebih lanjut masyarakat perlu juga diberikan pemahaman terkait kebijakan pembangunan desa melalui alokasi khusus dana desa, bagaimana penyalurannya, kegiatannya, dan pengawasannya. Tentu semuanya harus terlibat mengawasi sehingga semua dana desa, efektif, efesien, dan dapat dipertanggungjwabkan.

Dalam kesempetan ini Bapak Dirjen dan Narasumber bersepakat bahwa pembangunan Indonesia harus di mulai dari desa, karena dari desa akan diketahui kebutuhan dasar masyarakat Indonesia. 

Lebih lanjut, bahwa pembangunan desa harus mendapatkan afirmasi khusus dalam kebijakan dan penganggaran, sehingga masyarakat betul-betul dapat merasakan kesejahteraan. Masyarakat juga harus terlibat secara aktif dalam pembangunan desa, penggunaan anggaran desa, pengawsan, serta pelaporannya. Acara seminar ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Ustadz Alee Matte dari Thailand Selatan. (Red: Fathoni)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)