Generasi Muda Harus Berkontribusi Wujudkan Peradaban Islam Nusantara

Malang, Orientasi pengenalan akademik Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Malang menghadirkan Ketua Lesbumi PBNU Dr Zastrouw Ngatawi, Msi, Sabtu (22/8) untuk membincang dinamika keumatan dan kebangsaan kontemporer.

Menurut Zastrouw, peranan ormas baik NU maupun Muhammadiyah dalam melestarikan dan mengembangkan tradisi keagamaan (ukhuwah Islamiyah) serta persatuan sebagai suatu bangsa (ukhuwah wathoniyah) sangat tinggi. 

“Maka generasi-generasi muda harus siap berkontribusi dalam rangka mewujudkan peradaban besar di tubuh Islam maupun di bumi Nusantara ini,” jelas Zastrouw.

Suhaimi, selaku Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa UIN Malang mengatakan, bahwa mahasiswa baru harus mempunyai basis kebudayaan yang kokoh agar tidak kehilangan akar tradisi dan budaya bangsanya.

Sementara itu, Lukman Saidy, Ketua SC kegiatan ini menjelaskan, bahwa untuk tercapainya tujuan pendidikan dibutuhkan peranan kebudayaan akademik yang bagus. 

“Untuk menciptakan budaya tersebut, dibutuhkan kesadaran kolektif para generasi muda untuk dapat menjadi pembela bangsa dan penegak agama di bumi nusantara ini,” terangnya. (Rouf/Fathoni)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)