GP Ansor Waru Getol Cegah Bahaya Narkoba

Pamekasan,
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Waru, Kabupaten Pamekasan, Madura terus getol mencegah bahaya narkoba bagi generasi bangsa. Pada Kamis (3/12) mendatang, organisasi yang diketuai Syafiuddin tersebut, menggelar seminar antinarkoba.

Acara yang ditempatkan di Pendopo Kecamatan Waru tersebut menghadirkan Kepala Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Pamekasan Khalil Asy’ari, Ketua Komisi I DPRD Pamekasan Ismail, Kapolres Pamekasan AKBP Sugeng Muntaha, Dandim 0826 Pamekasan Letkol Arm. Mawardi, Kepala Disporabud Pamekasan Muhamad, dan Kepala Lapas Narkotika Klas IIA Pamekasan Asih Widodo.

Menurut Ketua GP Ansor Waru Syafiuddin, sebagai salah satu wilayah pantura di Kabupaten Pamekasan, Kecamata Waru tergolong rawan jadi sarang narkoba. Sebab, daerah tersebut menjadi akses mudah penghubung Bandar Narkoba di Kabupaten Sumenep dan Kabupaten Sampang yang mengapit Kabupaten Pamekasan.

“Karena itu, sebelum jejering narkoba kian meluas dan menguat, perlu adanya kegiatan antisipatif. GP Ansor Waru sejauh ini Alhamdulillah istikomah melakukan pencegahan merebaknya narkoba, utamanya di lingkungan kawula muda,” terangnya.

Menurut Syafiuddin, acara yang terbuka untuk umum itu, dilangsungkan tidak lepas dari kenyataan betapa bahaya narkoba bukan hanya merugikan masalah fisik saja, tetapi pecandu juga akan mengalami gangguan mental dan kejiwaan.

Dikatakan, narkoba merupakan senyawa-senyawa psikotropika yang biasa digunakan dokter atau rumah sakit untuk membius pasien yang mau dioperasi atau sebagai obat untuk penyakit tertentu.

“Tetapi persepsi tersebut disalahartikan akibat penggunaan di luar fungsinya dan dengan dosis yang di luar ketentuan. Apabila disalahgunakan, bahaya narkoba dapat mempengaruhi susunan syaraf, mengakibatkan ketagihan, dan ketergantungan, karena mempengaruhi susunan syaraf. Dari ketergantungan itulah bahaya narkoba akan merusak fisik, psikologis, maupun lingkungan sosial,” tandasnya. (Hairul Anam/Abdullah Alawi)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: