Gurutta Sanusi Baco: Zaman Sekarang Minus Pengamalan Ilmu

Maros,
Rais Syuriyah PWNU Sulsel Anregurutta Sanusi Baco menilai masalah kekinian umat Islam ada pada pengamalan ilmu pengetahuan itu sendiri. Keteladanan umat Islam kepada Nabi Muhammad SAW belum sepenuhnya dilaksanakan.

Demikian pesan taushiyah yang disampaikan Anregurtta H Sanusi Baco dalam peringatan maulid yang diadakan Ikatan Keluarga Alumni Pondok Pesantren Nahdlatul Ulum (IKA-PPNU) Soreang, Maros, di auditorium Universitas Islam Makassar, Sabtu (26/12).

Pimpinan Pesantren Nahdlatul Ulum ini mengimbau alumni santrinya untuk senantiasa meneladani Rasulullah SAW dalam berbagai aspek kehidupan.

“Masalah umat manusia hari ini bukan lagi soal pengetahuan karena sudah terlalu banyak orang yang pintar dan cerdas. Masalah utama dewasa ini adalah ketidakmampuan manusia untuk melakukan apa yang diketahuinya,” tutur kiai yang dikenal dengan kelembutan laku dan tuturnya ini. 

Menurutnya, Nabi Muhammad SAW diutus sebagai rahmat bagi seluruh alam. Karenanya umat Islam bertangung jawab untuk menyebarkan rahmat di tengah-tengah umat manusia dan alam semesta, bukan justru menampilkan Islam sebagai agama yang sarat kekerasan.

Gurutta’ kemudian mengutip riwayat seorang perempuan yang masuk neraka bukan karena lalai dari kewajiban ibadah, tetapi karena membiarkan seekor kucing mati kelaparan di rumahnya.

Sementara Ketua IKA-PPNU Syaifullah mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan atas dasar kerinduan kepada sosok Rasulullah SAW sehingga hanya dengan dekat kepada para ulama umat dapat merasakan berkah kerasulan Nabi Muhammad SAW, karena ulama adalah pewaris para nabi dan rasul. (M Fadlan L Nasurung/Alhafiz K)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)