Gus Ipul: Pra Muktamar Penting untuk Sosialisasi

SIDOARJO – Pelaksanaan Pra Muktamar ke-33 NU yang dilakukan di sejumlah daerah di Jawa Timur, membuat masyarakat menjadi bertanya-tanya. Banyak pertanyaan yang hadir dari sejumlah elemen kepada panitia Muktamar. Pernyataan itu disampaikan langsung oleh Ketua panitia daerah Muktamar NU H Saifullah Yusuf.

“Kenapa PWNU beserta panitia melakukan sosialisasi? Pertanyaan itu hadir ke kami baik lewat telepon, email atau orang per orang,” jelas H Saifullah Yusuf saat memberikan sambutan acara Pra Muktamar ke-33 NU yang dihelat di Alun-alun Sidoarjo, Jumat (1/5) malam.

Gus Ipul menjelaskan, acara Pra Muktamar seperti ini memang baru pertama kali dilakukan. “Baru tahun 2015 ini diadakan Pra Muktamar atau sosialisasi kepada warga NU. Muktamar ini tidak hanya milik panitia, akan tetapi miliknya umat dan warga NU,” kata pria yang akrab disapa Gus Ipul ini.

Muktamar ke-33 NU yang rencananya akan dilaksanakan di Jombang itu sudah mendapatkan persetejuan dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan sejumlah ulama maupun pengurus NU lainnya. “Alhamdulillah akhirnya PBNU menyetujui dan Muktamar nanti akan digelar di Jombang,” terang Gus Ipul.

Selain menyinggung alasan perlunya Pra Muktamar, Gus Ipul juga menjelaskan tentang tema “Meneguhkan Islam Nusantara Untuk Dunia”. Dari tema yang ada bisa dipahami apa yag diharapkan oleh PBNU untuk Indonesia. Karena melihat keperihatinan kepada negara terutama yang penduduknya mayoritas Islam sedang dilanda konflik.

“Dan korbannya tidak sedikit, maka diangkatlah tema yang ada. Oleh karena itulah tema ini mengandung pesan moral kepada bangsa untuk terus menjaga negara ini,” bebernya.

Tempat Muktamar NU dilaksanakan di Jombang, 1-5 Agustus dengan alasan NU lahir di Jawa Timur. Di samping itu untuk memudahkan warga NU yang belum pernah ziarah ke makam para pendiri dan Ulama di sana bisa juga memanfaatkan moment itu.

“Dari 33 Muktamar, 12 kali dilaksanakan di Jawa Timur. Pada zaman dahulu Muktamar diadakan setahun sekali. Setelah berjalannya waktu akhirnya Muktamar NU didakan setiap 5 tahun sekali,” ulasnya.

Sumber: NU Online

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this: