Gusdurian Lampung Siapkan 70 Kado Untuk Peserta Riungan Kebangsaan

Bandar Lampung, NU Online
Gusdurian Lampung akan membagikan 70 kado secara cuma-cuma pada acara “Riungan Kebangsaan” di lantai tiga gedung B aula pascasarjana, kampus Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya, Lampung. Forum yang akan diadakan pada Kamis 20 Agustus 2015 ini membahas terkait pandangan agama-agama terhadap masalah lingkungan hidup.

“Jumlah kado dibagikan sesuai usia kemerdekaan bangsa Indonesia, satu kado isinya dua titik-titik,” ujar pegiat Gusdurian Lampung Gatot Arifianto di Bandar Lampung, Selasa (18/8).

Terkait lebih jelas kado dimaksud, Gatot enggan menjelaskan. “Kalau diberitahu tidak ‘surprise’. Datang saja jika mau berminat dan harus awal karena persediaan hanya 70,” kata dia.

Riungan Kebangsaan kali ini merupakan energi dan sinergi cinta Gusdurian Lampung, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dan Palang Merah Indonesia (PMI) Bandar Lampung, The Society of Indonesian Environmental Journalists (SIEJ) atau Masyarakat Jurnalis Lingkungan Hidup, GP Ansor, Justice Peace Integrity of Creation Fransiskanes Santo Georgius Martir (JPIC-FSGM), De Most (Motivasi Sidik Jari), Yayasan Shuffah B lambangan Umpu, Majelis Semaan Al-Qur’an wa Dzikrul Ghofilin Jantiko Mantab, IBI Darmajaya dan Alumni Sanlat Bimbingan Belajar Pasca Ujian Nasional (BPUN) Waykanan 2015.

Berdasarkan data Walhi Lampung, bukit yang ada di Bandar Lampung di tahun 2008 berjumlah 33, namun saat ini yang tersisa 11 bukit. Dalam waktu empat tahun atau di tahun 2014, 22 bukit di Bandar Lampung habis oleh penambangan batu.

“Kerusakan dan perusakan alam atau lingkungan hidup harus ditanggulangi bersama. Negara dan masyarakat harus hadir. Solusinya dicari bersama, semoga dari diskusi kecil tersebut menghasilkan kesepakatan positif yang baik dan maslahat,” ujar Gatot lagi.

Riungan Kebangsaan akan menjadi bagian dari rangkaian perayaan HUT AJI ke 21 yang jatuh pada 7 Agustus lalu. Selain itu, donor darah sebagai bagian acara juga siap digelar. Pelajar dan masyarakat yang berminat mendonorkan darahnya bisa menghubungi Ketua Alumni Sanlat BPUN Waykanan 2015 Disisi Saidi Fatah di nomor 082377505585.

“Kami mengundang jurnalis, aktivis lingkungan hidup, tokoh agama, mahasiswa pecinta alam, lembaga mahasiswa keagamaan, serta para pelajar untuk hadir bersilaturahmi dan menyumbangkan pemikirannya dalam Riungan Kebangsaan,” kata Pejabat Sementara Sekretaris AJI Bandar Lampung Wandi Barboy Silaban.

Pihaknya sengaja mengundang orang-orang yang aktif di bidang keagamaan untuk memberi perspektif bagaimana menjaga dan melestarikan lingkungan dari sisi agama. (Teddy Heriyanto/Alhafiz K)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)