Hamil Muda, Calon Jamah Haji Gagal Berangkat

Jombang, Calon Jamaah Haji asal Kota santri Jombang, Jawa Timur, Eni Latifah (49) gagal menunaikan ibadah haji tahun 2015 ini. Perempuan asal Dukuh Klopo, Peterongan, Jombang ini harus menunda keberangakatannya ke Tanah Suci Makkah lantaran diketahui positif hamil 4 minggu saat pemeriksaan di Asrama Haji Sukolilo Surabaya.

“Yang bersangkutan diketahui hamil saat pemeriksaan di Asrama Haji Sukolilo Surabaya. Sehingga dia tidak jadi terbang dan harus kembali pulang ke Jombang,” tutur Nur Habib, Kepala Seksi Haji Kantor Kemenag Jombang, Jumat (28/8) kemarin.

Tidak hanya Eny yang batal terbang ke tanah Suci Makkah, namun suaminya juga terpaksa membatalkan keberangkatannya untuk menjadi tamu Allah. Eny dan suaminya masuk dalam Kelompok Terbang (Kloter) 15 Jombang yang berangkat pada Kamis (27/8) dari Jombang menuju Asrama Haji Sukolilo dan rencananya terbang ke Tanah Suci, Jumat (28/8) malam hari.

Nur Habib menjelaskan, sebelum berangkat CJH Eni saat di Jombang  sudah menjalani pemeriksaan dan hasilnya negatif. Namun dalam pemeriksaan sebelum berangkat, Eni dinyatakan positif hamil. Sehingga dia gagal berangkat ke tanah suci dan harus kembali pulang,” bebernya.

Calon Jamaah haji asal Jombang tahun ini sebanyak 1.045 orang, mereka terbagi  menjadi tiga kloter, yakni 14, 15, dan 16. Dan berangkat dari pendapa Pemkab Jombang, Kamis (27/8). Dengan berkurangnya dua CJH, berarti sudah ada 5 CJH yang gagal berangkat. Karena sebelumnya juga ada tiga orang yang mundur karena sakit. “Awalnya jumlah total dari Jombang sebanyak 1.045 CJH. Namun karena ada 5 yang mundur, jumlah itu tinggal 1.040 CJH,” pungkas Nurhabib.

Sementara itu, dari pantauan NU Online, beberapa CJH Kloter 14 -15 yang berangkat  pukul 12.00 WIB dan pukul 14.00 WIB,  tampak beberapa calon jamaah haji yang sudah menggunakan kursi roda. Tidak kurang sebanyak 5 calon jamaah haji didorong di atas kursi roda. Meski harus didorong, raut wajah mereka yang rata rata sudah kakek dan nenek terlihat bergembira. (Muslim Abdurrahman/Mahbib)

 

Foto: Calon jamaah haji menggunakan kursi roda

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)