Harga Sewa Rumah di Jombang Melonjak

Jombang, NU Online
Permintaan sewa rumah menjelang Muktamar ke-33 NU di Jombang 1-5 Agustus 2015 cukup tinggi. Tingginya permintaan kontrak rumah ini diikuti harga sewa yang juga merangkak naik hingga belasan juta. Hal ini disebabkan seluruh penginapan dan hotel yang ada di Kota santri telah habis dipesan.

Untuk satu rumah dengan tiga kamar tidur dan satu kamar mandi, harga sewa dibuka mulai Rp 4 juta hingga Rp 7,5 juta . Sedangkan rumah dengan 4  tempat tidur lengkap dengan Air Conditioner (AC) harga sewa bisa mencapai Rp 15 juta selama kegiatan Muktamar berlangsung.

“Ini sudah ada yang nawar Rp 12, juta, tapi belum dikasihkan, karena jaraknya dari lokasi alun-alun hanya butuh waktu 5-10 menit saja,” ujar Hari Sukemi sambil menunjukkan foto Rumah dua lantai yang ditawarkan.

Hal yang sama juga dikatakan Lilik, warga sambong dukuh Jombang. Menurutnya, dari empat rumah yang dimilikinya, satu rumah sudah dipesan orang dari Jakarta. Bahkan satu rumah rencananya akan disewa oleh orang Jepang yang akan ikut melihat jalannya Muktamar NU di kota santri ini.

“Untuk yang di Tambakberas sudah fix diambil, sedangkan yang  satu lagi rencananya akan dipakai peneliti dari Jepang. Itu kalau jadi,”ujarnya.

Soal harga, perempuan berjilbab ini hanya mengikuti yang berlaku. “Sesuai permintaan saja,” tandasnya.

Permintaan sewa rumah tidak hanya untuk mereka yang akan mengikuti dan melihat perhelatan akbar lima tahunan organisasi NU ini. Namun kalangan kru awak media nasional yang melakukan peliputan juga banyak membutuhkan untuk penginapan. “Alhamdulillah sudah dapat penginapan, lokasinya tidak jauh dari Alun-Alun Jombang,” ujar Amier salah satu kontributor TV Nasional mengatakan.

Untuk kepentingan Muktamar ke-33 NU ini, Bahkan beberapa pemilik rumah, siap mengungsi sementara jika rumah mereka disewa dan cocok dengan harga yang tawarkan. “Kalau cocok harganya, saya bisa pindah ke rumah sebelah, selama Muktamar berlangsung,” ujar salah satu pengajar di Perguruan Tinggi Jombang.

Seperti diketahui Muktamar ke-33 NU di Jombang 1-5 Agustus 2015 akan dibuka langsung oleh Presiden RI Jokowi. Pembukaan bakal dilakukan di Alun-Alun setempat.  Di samping lokasi Utama alun-alun, Muktamar juga akan menempati empat pesantren yakni Bahrul Ulum Tambakberas, Mambaul Ulum Denanyar, Darul Ulum Rejoso, dan Pesantren Tebuireng. (Muslim Abdurrahman/Alhafiz K)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: