Ikatan Mahasiswa Nahdliyin STAN Terima 110 Anggota Baru

Tangerang Selatan, Akhir pekan lalu menjadi hari spesial bagi Ikatan Mahasiswa Nahdliyin Politeknik Keuangan Negara STAN (IMAN PKN-STAN). Lebih dari 110 mahasiswa baru kampus setempat masuk menjadi keluarga baru.

Mereka antusias mengikuti acara bertajuk Bagi-bagi Buku Kuliah Gratis dan Sharing Sesion yang diadakan IMAN PKN-STAN dalam rangka penyambutan jamaah baru. Tidak mau kalah dengan mahasiswa baru, mahasiswa reguler yang sudah duduk di semester 3 dan 5, serta mahasiswa dari prodi DIII Khusus juga turut hadir dalam acara yang diadakan di Masjid Al Barkah Kalimongso, Ahad (4/10), ini.

Acara dibuka tepat pada pukul 07.30 dengan penampilan dari tim hadroh IMAN, Badrud Tamam. Setelahnya, acara dilanjutkan dengan rangkaian pembukaan oleh MC dan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, serta pembacaan sari tilawah oleh Uluwan Maurist Thuba dan M. Wildan Basri.

Turut mengisi acara Ketua IMAN M Roid Nashiruddin, pembina IMAN Ustadz M. Dawud Arif Khan. Dalam kesempatan itu Dawud menyampaikan profil IMAN, sejarah panjang mengapa IMAN didirikan sampai perkembangan kegiatan IMAN sampai saat ini.

Pada mulanya, papar Dawud, IMAN memang dirikan dari sebuah “tradisi” ngumpul bareng dan mengaji bareng dari beberapa mahasiswa yang memiliki kultur dan latar belakang yang sama. Mahasiswa-mahasiswa muda dari berbagai daerah itu berkumpul untuk tahlil bersama, yasinan dan mengaji kitab kuning bersama.

Hal ini di dukung pula karena pada waktu itu juga ada berbagai komunitas yang kurang bisa menjaga kerukunan antar masyarakat dan mahasiswa. Sehingga IMAN, hampir 25 tahun yang lalu hadir untuk membentengi mahasiswa dari paham yang tidak sesuai dengan nilai luhur Islam yang ramah dan menjaga kerukukan serta persatuan masyarakat. Sampai sekarang IMAN sudah mengembangkan dirinya dengan berbagai macam kegiatan selain ngaji.

IMAN telah mempunyai “IMAN Education” yang merupakan bagian dari IMAN yang menyelenggarakan pengadaan Buku USM STAN dan Bimbingan Belajar untuk bisa membantu teman-teman yang ingin masuk menjadi Mahasiswa PKN-STAN.

Setelah pengenalan tentang IMAN, disampaikan pula program beasiswa dari Dana Umat Alumni IMAN (DU AL IMAN). Kemudian acara dilanjutkan dengan shalawatan bareng dan ditutup dengan Mahalul qiyam yang syahdu dan doa bersama para mahasiswa baru.  (Arum Ritma Ristanti/Mahbib)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: