Ini Aksi Pergunu Way Kanan Yang Baru Lahir

Way Kanan, NU Online
Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung belum lama terbentuk dan secara resmi telah disahkan oleh Pimpinan Pusat organisasi pengajar NU tersebut. Namun demikian, pada tahun 2015, Pergunu Way Kanan telah mendorong warga setempat mendapat pendidikan lebih tinggi.

“PP Pergunu memberikan beasiswa penuh kepada calon mahasiswa Institut KH Abdul Chalim Pacet (IKHAC) Mojokerto Jawa Timur, meliputi biaya pendidikan sampai selesai, asrama dan makan. Alhamdulillah, berkat kinerja dan kemauan membuka telinga serta silaturahim, Pergunu Way Kanan mendapat kuota satu calon mahasiswa,” ujar Anggota Dewan Pakar PC Pergunu Way Kanan Gatot Arifianto, di Blambangan Umpu, Rabu (2/9).

Alumni Pendidikan Kader Penggerak NU (PKPNU) Way Kanan itu menegaskan, meningkatkan kualitas generasi NU adalah keharusan. Dan itu harus dilakukan dengan tindakan.

“Berorganisasi itu berarti berbuat, bukan berbicara bisa melakukan namun tidak melakukan. Berorganisasi adalah bicara dengan perbuatan. Berorganisasi itu bukan hanya bisa bicara di belakang sehingga lupa mengedepankan tindakan. Berorganisasi bukan pula sekedar menumpang keren karena nama tercatat dalam struktur kepengurusan,” ujar Gatot lagi.

Manajer Bimbingan Belajar Pasca Ujian Nasional (BPUN) Way Kanan 2015 yang memfasilitasi lima pelajar setempat memasuki Perguruan Tinggi Negeri (PTN) itu menambahkan, berorganisasi di NU atau badan otonomnya ialah sarana beribadah, bukan karena ingin kedudukan.

Pergunu Way Kanan pada Kamis 3 September 2015 akan memberangkatkan Angga Arjunes, alumni SMA Pangastuti Kabupaten Way Kanan untuk menempuh strata satu di IKHAC. Di institut yang dikomandoi Rektor Mauhibur Rokhman itu, Angga yang mengaku sudah siap lahir batin, mantap mengambil jurusan tarbiyah.

“Alhamdulillah, syukur kita sanjungkan ke hadirat Allah. Kendati kepengurusan kita belum lama, tapi kita sudah mendapatkan amanat untuk mengirimkan satu orang  calon mahasiswa yang dibiayai oleh PP Pergunu. Kami hanya keluar biaya untuk transportasi calon mahasiswa berangkat ke Jawa Timur. Sahabat Gatot Arifianto melalui jaringannya telah menyelesaikan kewajiban (biaya transportasi) tersebut,” ujar Ketua PC Pergunu Way Kanan masa khidmat 2015-2020 Ali Tahan Uji yang menjadi Kepala di SMAN 2 Blambangan Umpu itu menjelaskan. (Teddy Heriyanto/Mahbib)

 

Foto: Bantuan buku Migrasi Aman sebagai upaya menumbuhkan minat baca dan pemahaman migrasi aman kepada publik untuk 227 kepala kampung, 14 camat, 35 perpustakaan dan 89 SMA sederajat di Kabupaten Way Kanan kerja sama PC GP Ansor, Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu), Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) dan alumni Sanlat BPUN Way Kanan 2015.

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)