Ini Alasan Mengapa Cheng Ho Melakukan Ekspedisi Maritim

Jakarta, Laksamana Cheng Ho, tokoh legendaris dari bangsa Tionghoa turut menyebarkan Islam melalui ekspedisi maritimnya. Di Nusantara, Cheng Ho bahkan hingga 7 kali melakukan pelayaran selain ke penjuru dunia lainnya, mulai dari Laut China Selatan, Samudera Hindia, Teluk Persia, hingga Afrika.

“Bahkan Cheng Ho dan pasukannya menurut penelitian, Gavin Menzies tahun 2012 lebih dulu menemukan Benua Amerika dibanding Christoper Columbus,” ungkap Guru Besar Universitas Nanking, Tiongkok, Profesor Chi Min Tan dalam Seminar Ekspedisi Cheng Ho dan Islam Nusantara, Selasa, (28/7) di Gedung PBNU, Kramat Raya Jakarta.

Dalam acara yang dirangkai dengan Halalbihalal PBNU ini, Profesor Tan memberi penekanan pada persoalan, mengapa Cheng Ho melakukan ekspedisi maritim, selain analisis penting lainnya tentang sosok Cheng Ho.

Menurutnya, ada beberapa alasan mengapa Cheng Ho melakukan ekspedisi maritim hingga ke penjuru dunia terutama ke Nusantara.

“Cheng Ho hidup pada zaman Dinasti Ming, saat itu kekaisaran sedang mencari salah satu pejabat bernama Ching Wen. Bisa saja Cheng Ho ditugaskan oleh negara untuk mencarinya,” terangnya.

Selain itu, lanjutnya, kekaisaran berusaha memamerkan kekuatan militer laut Dinasti Ming melalui pelayaran maritim Cheng Ho. Kemudian, imbuhnya, ekspedisinya juga bisa saja karena alasan perdagangan, membangun persekutuan Islam, untuk menghadapi negeri-negeri lain, memabasmi perompak di lautan, memperkuat hubungan persaudaraan antar-bangsa, alasan ekonomi perdagangan, serta penguatan militer di laut. 

“Namun argumentasi tersebut bisa dikritisi. Misal, pencarian pejabat Ching Wen yang tidak mungkin dilakukan berkali-kali dengan mengelilingi laut hingga ke penjuru dunia,” ucapnya.

Begitupun alasan kemiliteran, karena Cheng Ho melakukan ekspedisi tidak untuk berperang dan menjajah negara lain sebab kapalnya tidak banyak. Selain itu, kekaisaran juga bertanya-tanya, mengapa banga lain tidak masuk ke Tiongkok. Kekaisaran menduga karena banyak perompak yang bertebaran di laut. Oleh karena itu, Cheng Ho ditugaskan oleh negara untuk membasmi perompak-perompak tersebut.

Kemudian persoalan, apakah Cheng Ho berlabuh ke Amerika, Profesor Tan menerangkan, bahwa jika dalam ekspedisinya yang ke-6 pada tahun 1421 M Cheng Ho berlayar ke Benua Amerika menurut penelitian Gavin Menzies, berarti Cheng Ho 10 tahun lebih awal dari Christhoper Columbus.

“Namun, selama ini belum ada catatan yang menerangkan hal itu sehingga tidak ada dasar dan pemikiran seperti itu. Lepas daripada itu, Cheng Ho mempunyai posisi yang sangat penting di dunia maritim Tiongkok,” ujarnya menandaskan. (Fathoni)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: