Ini Harapan PCNU Jombang di Peringatan Hari Pahlawan

Jombang, Berbangsa tidak hanya sekedar peduli terhadap kedaulatan, namun mencintai sepenuh hati terhadap bangsa yang berdaulat itu. Hal ini harus menjadi upaya yang dilakukan oleh seluruh elemen bangsa. Bila hanya sekadar peduli terhadap nasib bangsa, maka tidak ada peristiwa 10 November.

Demikian yang disampaikan wakil sekretaris Pengurus Cabang Nahdhatul Ulama (PCNU) Jombang, Jawa Timur, Ahmad Samsul Rijal di forum PC-MWC-Banom NU Jombang, Selasa (10/11). Pada momen hari pahlawan ini, ia menyebutnya beberapa elemen yang perlu diperhatikan untuk membangun bangsa ke depan agar lebih baik.

“Ada banyak lapisan masyarakat yang harus kita perhatikan saat ini, di antaranya terhadap mereka yang miskin tidak hanya dibutuhkan kepedulian dengan menyantuni mereka. Lebih dari itu mencintai mereka sepenuh hati sebagai bagian dari diri kita, berarti meyakini kehidupan ini dari Yang Maha Kuasa,” tuturnya.

Selain itu, momentum ini bukan hanya sekedar momen seremonial untuk mengenang perjuangan dan jasa-jasa para pahlawan semata. “Lebih dari itu, meyakini bahwa perubahan akan terjadi bila ikhtiar mengubah diri menjadi jalan atas takdir perubahan dari Yang Maha Kuasa,” ungkapnya. 

Terhadap para syuhada 10 November khususnya, lanjut Samsul Rijal, tidak sekadar peduli dengan memperingatinya setiap tahun, namun kita harus meyakini bahwa mereka senantiasa memperoleh sifat rohman dan rohimnya Allah.

Sebagai warga nahdliyin, Rijal, panggilan akrabnya berharap tidak sekedar peduli dengan cara mengabdi dan berperan di dalamnya. “Sebab menjaga, mempertahankan dan menguatkan ideologi ahlussunnah wal jamaah (Aswaja) NU adalah suatu sikap yang lebih utama untuk  jam’iyah NU,” tandasnya. (Syamsul Arifin/Fathoni)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: