Inilah Kronologi Serangan Mematikan di Paris

Jakarta, NU Online
Ratusan orang menjadi korban tewas dan terluka akibat serangkaian serangan teroris bersenjata di kota Paris, ibu kota Prancis, pada Jumat malam hingga dinihari waktu setempat (Sabtu WIB). Berikut ini kronologi awal kejadian waktu Paris dari rangkuman laporan kantor berita AFP dan Reuters:

21:09
Seorang pria tak dikenal dilaporkan melepas tembakan di sebuah restoran dan menyebabkan sejumlah orang tewas dan terluka. Pelaku menggunakan senapan jenis Kalashnikov (AK). Polisi Paris mulai memperketat penjagaan.

21:42
Polisi melaporkan korban tewas gabungan dari sejumlah lokasi berjumlah 20 orang, tetapi belum diketahui apakah serangan masih berlangsung atau tidak. Ada dua bom bunuh diri meledak di luar stadion utama State de France, yang menjadi lokasi tim sepak bola Prancis itu bermain melawan tim Jerman. Sejumlah orang ditemukan tewas.

21:48
Ada saksi mata mengatakan, pria bersenjata menangkap selusin orang di konser Bataclan. Aksi ini tercatat polisi Prancis sebagai serangan mematikan kedua. Gedung konser yang berdekatan dengan kantor Charlie Hebdo, yang telah diserang oleh kelompok militan pada 7 Januari 2015.

22:29
Seorang pria bersenjata dilaporkan berteriak berteriak, “Ini untuk Suriah.”

23:02
Presiden Prancis, François Gérard Georges Nicolas Hollande mengumumkan di televisi dan radio bahwa keadaan darurat dinyatakan untuk Prancis. “Prancis harus kuat melawan terorisme. Penyerang itu di Paris, yang sangat mengkhawatirkan. Kami mengambil semua personel keamanan, pertemuan Kabinet akan dilakukan, militer telah dikerahkan,” katanya.

23:35
“Tiga orang bersenjata yang mengenakan jaket antipeluru dan mulai menembak di tengah konser di gedung Bataclan. Ada sekitar 1.000 orang di sana, saya melihat seorang gadis tertembak tepat di depan saya,” kata seorang saksi yang berhasil melarikan diri.

23:55
Dua aktor dilaporkan tewas bersama korban tembakan di gedung konser Bataclan.

00:35
153 korban dinyatakan meninggal. Lebih dari 100 kematian selama penembakan di Bataclan dan 40 lainnya di lokasi yang berbeda di seluruh Prancis. Tiga pelaku telah ditembak oleh polisi di tempat kejadian. (Antara/Mukafi Niam)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: