Inilah Peserta 16 Babak Besar Liga Santri Nusantara

Jakarta, NU Online
Pertandingan babak kualifikasi di 10 Provinsi dan 16 zona sudah digelar. Dari pertandingan tersebut, setiap zona mengirimkan satu wakilnya untuk mengikuti babak 16 besar Sepak Bola U-17 Liga Santri Nusantara yang akan memperebutkan Piala Kemenpora.

LSN 2015 akan memperebutkan hadiah utama uang pembinaan Rp100 juta untuk juara pertama, juara dua 75 juta, dan juara ketiga 50 juta. Berikut daftar tim kesebelasan pondok pesantren yang lolos ke babak 16 besar beserta review singkat pertandingan final di masing-masing zona.

  1. Zona Jakarta: Pondok Pesantren Al IkhlasPertandingan final LSN Zona Jakarta dimenangkan oleh PP Al Ikhlas setelah berhasil menaklukan PP Asshiddiqiyah dengan skor 7-0 di Lapangan Ragunan Jakarta Selatan, Sabtu (26/9/201

  2. Zona Jateng I: PP Walisongo SragenPertandingan seru tersaji antara PP Walisongo Sragen kontra PP Mambaul Hikmah Selogiri Wonogiri pada laga final Liga Santri Nusantara Zona Jatim I  yang digelar di Stadion Kota Barat Solo, Senin (21/09/2015). PP Walisongo menang tipis atas mambaul hikmah dengan skor 1-0.

  3. Zona Jateng II: PPTQ Sabilillah WonosoboLaga final LSN Zona Jateng II mempertemukan derbi Wonosobo. Yakni PPTQ Sabilillah melawan PP Roudlotul Muttaqin di lapangan Desa Ngadimulyo Kedu Temanggung Jawa Tengah. Pada partai puncak tersebut dimenangkan oleh PPTQ Sabilillah melalui drama adu penalti. Rodlotul Jannah kalah degan skor 4-3. Dengan demikian Sabilillah berhak melenggang ke babak 16 besar mewakili Jateng III dengan status juara zona.

  4. Zona Jateng III: PP Al-Anwar NgawenPertandingan final LSN Zona Jateng III mempertemukan antara PP Al-Anwar Ngawen melawan PP An-Nur Banjarrejo berlangsung di Lapangan Batalyon Infanteri (Yonif) 410 Alugoro, Kamis (24/9/2015). Pada laga final tersebut, Al-Anwar keluar sebagai Juara LSN Zona Jateng III dengan menundukkan An-Nur dengan skor tipis 1-0.

  5. Zona Jabar I: PP Alfiah PurwakartaPertandingan Final Zona Jabar I di Lapangan Taringgul Tonggoh Kabupaten mempertemukan antara PP Al-Ittihad kontra PP Alfiah. Pada pertandingan tersebut, Alfiah menang atas Al-Ittihad dengan skor 3-4, Minggu (20/9/2015). Dengan demikian, PP Alfiah berhak mewakili zona Jabar I maju ke babak semifinal LSN 2015.

  6. Zona Jabar II: PP Darunnajah CikajangPondok Pesantren Darunnajah Cikajang, Kabupaten Garut, keluar sebagai juara Zona Jabar II dalam pertandingan sepakbola pada prakualifikasi Liga Santri Nusantara (LSN) 2015 untuk zona Jawa Barat II setelah mengalahkan Ponpes Miftahul Ulum Ciamis dengan skor 2-0, Kamis (17/9/2015).

  7. Zona Jabar III: PP Darul Maarif IndramayuPertandingan Final Zona Jabar III mempertemukan antara PP Darul Maarif Kaplongan Indramayu melawan PP As-Salafi Babakan Ciwaringin Cirebon. Pada laga tersebut, Darul Maarif Indramayu keluar sebagai pemenang melibas As-Salafi dengan skor 3-0 di Stadion Kampus Hijau Indramayu, Ahad (20/9/2015).

  8. Zona Banten: PP Al Asy Ariyah Kabupaten TanggerangKesebelasan Pondok Pesantren (Ponpes) Al Asy Ariyah Kabupaten Tangerang berhasil menjuarai Liga Santri Nusantara (LSN) U-17 zona Banten. Kesuksesan Al Asy Ariyah ini setelah berhasil mencukur Ponpes Al-Falah Kota Serang pada pertandingan final dengan skor akhir 5-2, yang digelar di Lapangan Sepak Bola Cideheng, Kelurahan Kemanisan, Kecamatan Curug, Minggu (20/9/2015) sore.

  9. Zona Lampung: PP Nurul Huda NatarHasil pertandingan Final Zona Lampung menjadikan Pondok Pesantren Nurul Huda Natar Lampung Timur menjadi juara zona. Pertandingan yang berlangsung sore tadi, mempertemukan antara PP Nurul Huda Pringsewu dan PP Nurul Huda Natar Lampung Selatan dengan skor 0-3 Final LSN di Lapangan Kuncup Pringsewu, Rabu (16/9/2015).

  10. Zona Nusa Tenggara Barat: PP Bayyinul Ulum Lombok UtaraPertandingan final LSN Zona Nusa Tenggara untuk memperebutkan tiket melenggang ke babak 16 besar dimenengkan oleh PP Bayyinul Ulum. Pada laga tersebut, Bayyinul Ulum taklukan PP Abharyiah dengan skor 3-0 di Lapangan Kediri Kabupaten Lombok Barat, Jumat (25/9/2015).

  11. Zona Sulawesi Tenggara: PP Ummushabri KendariPerhelatan Liga Santri Nusantara untuk Zona Sulawesi Tenggara memasuki puncak drama permainan. Yakni laga final yang mempertemukan antara PP Modern Gontor melawan PP Ummushabri Kendari. Laga final yang mempertemukan antara PP Modern Gontor versus PP Ummushabri  digelar di Lapangan Lakidende Kota Kendari, Selasa (22/9/2015) pada pukul 15.00 Wita dimenangkan oleh Ummushabri Kendari dengan skor 0-1.

  12. Zona Sulawesi Barat: PP Salafiyah PolmanHasil pertandingan derbi Polman pada laga final Liga Santri Nusantara Zona Sulawesi Barat yang digelar sore tadi, Selasa (22/9/2015) Pukul 16.00 Wita di Lapangan Sepak Bola Rajawali Panyampa mengantarkan PP Salafiyah berhak maju ke babak 16 besar LSN. PP Salafiyah menandaskan PP Al-Ihsan DDI Kanang dengan skor 3-1. Salafiyah berhasil menjadi juara LSN Zona Sulbar pada laga derbi Polman. Salafiyah berasal dari Desa Parappe Kecamatan Campalagian. Sedangkan Al-Ihsan berasal dari Desa Batetangnga, Kecamatan Binuang.

  13. Zona Jatim I: PP Nurul Islam JemberPertandingan final Liga Santri Nusantara Zona Jatim I mempertemukan PP Nurul Islam Jember melawan PP Hidayatul Islam Probolinggo berlangsung di Stadion Putra Ki Ronggo, Sekar Putih, Bondowoso, Ahad. (21/9/2015).Nuris Jember panggilan akrab Pesantren Nurul Islam, mengukuhkan dirinya sebagai tim yang menjadi Juara Zona Jatim I dengan produktifitas gol terbanyak saat memasuki semifinal dan final.Pada laga final tersebut Nuris Jember menang telak dengan skor yang fantantis yakni 9-0. Pada laga sebelumnya, saat semifinal menghadapi PP Darul Falah Bondowoso, Nuris Jember menggunduli lawannya dengan skor 9-0.

  14. Zona Jatim II: PP Ali Imron SumenepModal kemenangan meyakinkan 4-0 Bumi Sholawat atas Atsarutus Salafiyah sebelumnya di semifinal tak ada artinya ketika melawan Ali Imron di partai final. Mereka harus merelakan juara LSN Zona Jatim II direngkuh Ali Imron setelah kalah 0-2 yang digelar di lapangan SMAN 3 Pamekasan Sabtu (19/9).

  15. Zona Jatim III: PP Al-Mujaddadiyah MadiunPertandingan final LSN Zona Jatim III  digelar di  Stadion Pangeran Timur Caruban Madiun berjalan dengan itensitas tinggi dari kedua tim Al-Mujaddadiyah Madiun melawan tim Darul Huda Mayak Ponorogo, Ahad (20/9). Pertandingan berakhir dengan skor 2-1, kemenangan Al-Majaddadiyah mengukuhkan tim yang berasal dari Madiun ini berhak mewakili Zona Jatim III.

  16. Zona DI Yogyakarta: PP Nur Iman MlangiBabak penyisihan LSN Zona DI Yogyakarta telah usai. Pertandingan final mempertemukan antara PP Nur Iman melawan PP Pangeran Diponegoro digelar di di Stadion Tridadi, Kabupaten Sleman, Ahad (20/9/2015).Pada laga prestisius tersebut Nur Iman menghempaskan klub Pangeran Dipenogoro dengan skor tipis 2-1 melalui babak perpanjangan waktu. PP Nur Iman keluar sebagai Juara LSN Zona DI Yogyakarta yang berhak maju di babak 16 besar LSN 2015. Red: Mukafi Niam

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: