Inilah Program-Program Studi di Universitas NU Sumatera Utara

Universitas Nahadlatul Ulama Sumatera Utara (UNUSU) telah diresmikan pada kegiatan Pra-Muktamar di Pesantren al-Kautsar al-Akbar, Medan oleh Ketum PBNU, Prof Dr KH Said Aqil Siroj. Pada kesempatan itu, Kiai Said juga melantik Prof Dr Ahmad Rafiki Tantawi sebagai Rektor UNUSU periode 2015-2020.

“Walaupun baru berdiri dan diresmikan, kami bergerak cepat membuat program-program unggulan, tak terkecuali pada aspek program studinya,” ujar Wakil Rektor II UNUSU, Drs H Takbir Siregar, M HA saat diwawancarai NU Online di sela-sela kegiatan Pra-Muktamar, Ahad (17/5).

Dia menerangkan, ada 5 Fakultas dengan berbagai program studi (Prodi) unggulan. Di antaranya, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan Prodi Pendidikan Agama Islam (S1). Lalu Fakultas Pertanian dengan Prodi Budidaya Pertanian (S1), Ilmu dan Teknologi Pangan (S1), dan Agribisnis (S1).

“Kemudian Fakultas Ilmu Kesehatan dengan Prodi Gizi (S1), dan Analis Kesehatan (D3). Lalu Fakultas Ekonomi dengan Prodi Manajemen (S1), dan Fakultas Ilmu Komputer dengan Prodi Ilmu Komputer (S1), Sistem Informasi (S1), dan Teknik Informatika (S1),” imbuhnya.

Lebih jauh, Siregar menjelaskan, bahwa sesungguhnya UNU Sumatera Utara sudah ada pada tahun 1965-1975. Ketika itu rektornya seorang kiai. Kemudian, lanjut dia, setelah kiai tersebut meninggal dunia, kepemimpinan UNUSU saat berganti dan memunculkan orientasi lain.

“Dengan tidak adanya kepemimpinan orang-orang pesantren di situ, akhirnya pemerintah mengambil alih dan UNUSU berubah menjadi IAIN yang kini sudah bertransformasi menjadi UIN Sumut,” paparnya.

Dari sejarah itulah, tambahnya, kader-kader NU Sumut tergerak mengembalikan UNUSU agar eksis kembali di tanah Sumut. “Dengan dukungan berbagai pihak terutama PBNU, alhamdulillah UNUSU telah berdiri kembali,” tandasnya.

Kampus UNUSU berada di Jl Perjuangan No 215 Tj Selamat, Sunggal, Deli Serdang dan Kampus II Jl HA Manaf Lubis/Gaperta Ujung No 2 Helvetia, Medan. Adapun websitenya yaitu www.unusu.ac.id dan alamat emailnya, unu.su@yahoo.com. UNUSU mempunyai misi Membangun Insan Intelektual Berbasis Kompetensi dan Nilai-nilai Ahlussunnah wal Jama’ah dengan slogan Aswaja, Recognized, University.

Sumber: NU Online

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this: