IPNU-IPPNU Mojoduwur Ziarahi Makam Tokoh NU Setiap Bulan

Jombang,
Pengurus Ranting Ikatan Pelajar Nahdahtul Ulama’ dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama’ (IPNU-IPPNU) desa Mojoduwur, kabupaten Jombang, ziarahi makam para tokoh NU Jombang dengan rutin setiap bulan sekali. Hal ini juga termasuk salah satu kegiatan tertulis pada program kerja ranting IPNU-IPPNU ini.

Kurang lebih dari 20 pengurus serta anggota ranting ini mengikuti kegiatan tersebut, masing-masing dari mereka membayar uang transportasi sebesar sepuluh ribu untuk kebutuhan transportasi, makan dan minum selama perjalanan.

“Setiap anggota dan pengurus ranting diharuskan membayar sepuluh ribu rupiah untuk biaya ongkos atau transportasi sekaligus makan dan minumnya,” kata Ketua IPNU Mojoduwur M Nashihuddin kepada saat dihubungi, Kamis (12/11).

Sementara target ziarah makam kali ini, pihaknya merencanakan setidaknya ada empat makam leluhur Mojoduwur dan tokoh NU di Jombang. Di antaranya Mbah Thoyib sebagai perintis Desa Mojoduwur, KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), KH Hasyim Asy’ari, dan Mbah Sayyid Sulaiman Mojoagung. Mereka memulai baca do’a, tahlil dan istighotsah di makam Mbah Thoyib.

“Kita mengawalinya dari Mbah Thoyib dulu,” ujarnya.

Ia menjelaskan, kegiatan ini di samping merupakan budaya dan salah satu identitas warga nahdliyin, juga sebagai upaya menjaga dan melestarikannya.

“Sebagai warga NU, harus bisa menjaga kemudian melestarikan budaya-budaya yang sudah berjalan di tubuh NU, salah satunya ziarah makam dan tahlilan,” terangnya. (Syamsul/Alhafiz K)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: