IPNU Surabaya Ziarahi Makam Para Pendiri NU

Surabaya, Guyuran hujan yang menerpa Kota Pahlawan tak menyurutkan niat para kader PC IPNU Kota Surabaya untuk menziarahi makam para pendiri sekaligus pengerak NU yang ada di Kota Surabaya dan Kabupaten Jombang pada moment Hari Pahlawan. Rencana awal pemberangkatan ba’da Ashar, terpaksa molor hingga menjelang Maghrib sembari menunggu hujan reda.

Tujuan awal adalah makam KH. Ahmad Dahlan ibn Muhammad Ahyad (Wakil Rais Akbar PBNU periode awal) yang dimakamkan di makam pegirian, lalu KH. Mas Alwi bin Abdul Azis (Pencetus nama Nahdlatul Ulama), KH. Ridlwan Abdullah (Pencipta Lambang NU), kemudian dilanjutkan menziarahi makam para pendiri NU yang lain yang ada di Jombang, Jawa Timur.

Ketua PC IPNU Surabaya Agus Setiawan menuturkan, pada momen Hari Pahlawan kita sengaja mengadakan ziarah ke makam para pendiri dan penggerak NU. “Karena bagi kita beliau-beliau adalah Pahlawan yang juga mempunyai sumbangsih baik pemikiran maupun tenaga dalam merebut kemerdekaan NKRI,” jelasnya.

Kegiatan ini, tambahnya, dilakukan dalam rangka mendoakan sekaligus mengenang sejarah perjuangan para Tokoh NU yang cukup bagi pengurus serta menumbuhkan kesadaran bagaimana pengorbanan dan keikhlasan para tokoh tersebut agar kita sebagai kader NU dapat meneladani dan meneruskan perjuangan tokoh terdahulu. (Red: Fathoni)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: