ISNU Ditetapkan sebagai Stan Terbaik Ekspo UKM Brebes

Brebes, Stan Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) mendapat predikat stan terbaik pada Ekspo Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Brebes, di Islamic Center Brebes, Kamis (22/10) lalu. Stan ISNU menjadi stan terbaik karena berbagai keunggulan yang dimiliki.

Koordinator Tim Juri Ekspo UKM Gus Faqih Maskumambang menjelaskan, stan ISNU dipandang paling baik, terapi, artistik, terbanyak dikunjungi, laku keras dan menyajikan berbagai produk lokal. “Kami hanya menetapkan satu pemenang dengan hadiah piala, dan uang pembinaan sebesar Rp 2 juta,” terangya di Gedung PCNU Jl Yos Sudarso, Jumat (23/10). 

Ekspo dipantau langsung Direkturat Jenderal Penempatan dan Perluasan Tenaga kerja Kementerian Tenaga Kerja RI Khoerul Huda MSi dan pembukaan dilakukan oleh Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE dengan pengguntingan pita melati dan pelepasan balon. 

Dalam sambutannya, Bupati mendorong kepada pelaku UKM untuk terus melakukan terobosan-terobosan jitu dengan gigih dan pantang menyerah. Di era krisis dahulu, UKM ternyata paling hebat dalam mempertahankan usahanya. Sehingga tidak sampai gulung tikar dan sangat menopang perekonomian Indonesia.

Pemkab Brebes, lanjutnya, juga telah memasukan UKM dalam program pokok enam pilar pembangunan Brebes. Berbagai bantuan berupa stimulant permodalan, tempat usaha maupun pelatihan sudah digulirkan. Hal ini demi kemaslahatan umat dengan mendorong terciptanya wirausahawan mandiri di berbagai sector. “Santri terbukti sangat gigih pula dalam berwirausaha, dan mayoritas santri berkecimpung dalam usaha perdagangan seperti yang dilakukan Nabi Muhammad yakni berdagang,” tuturnya.

Ketua Panitia Hari Santri Nasional Kabupaten Brebes H Musaffa Lc mengatakan, peringatan Hari Santri Nasional di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, dimeriahkan dengan Pameran Produk Usaha Kecil Menengah (UKM) Gerakan Penanggulangan Pengangguran (GPP). Ekspo menampilkan 30 stan berupa hasil khas industri rumahan di masing-masing Majelis Wakil Cabang NU (MWCNU) dan badan otonom NU se-Kabupaten Brebes.

“Para pelaku usaha lokal tersebut, merupakan binaan dari MWCNU di 17 Kecamatan se-Kabupaten Brebes,” terang ketua panitia, Musaffa. Terlihat penghasil rebana dari MWCNU Bumiayu, Keramik Banjarharjo, Sanggul Brebes, Rengginang Kersana, Batik Salem, dan lain-lain. Kegiatan tersebut, juga diisi pentas musik religi dan hiburan lainnya. (Wasdiun/Fathoni)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: