Jawa Barat Usulkan KH Anwar Musaddad Sebagai Pahlawan Nasional

JAKARTA – Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Provinsi Jawa Barat menyatakan KH Anwar Musaddad memenuhi syarat menyandang gelar Pahlawan Nasional. Karena itu mereka akan mengusulkannya sebagai calon penerima gelar tersebut tahun ini.

Bupati Kabupaten Garut Rudi Gunawan dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Asisten III juga mendukung usulan TP2GD. Keduanya mengungkapkan hal itu pada pembukaan seminar nasional “Pengusulan Prof. KH Anwar Musaddad sebagai Pahlawan Nasional” di Gedung Aneka Bahkti Kementerian Sosial RI, Jakarta, Kamis (2/4). 

Jika Kiai Anwar diangkat jadi Pahlawan Nasional, kata Rudi, akan mengangkat citra Garut dan Jawa Barat sendiri. “Dukungan ini tak terlepas dari kiprah dia sendiri yang ulama dan intelektual,” katanya.

Rudi menambahkan, sebagai penghormatan kepada tokoh NU yang pernah menjadi Wakil Rais Aam dan Mustasyar sampai akhir hayatnya tersebut, Kabupaten Garut telah mengabadikan namanya di sebuah jalan yang strategis sepanjang 2,5 km.

Sebelum seminar, panitia membacakan di antara jasa KH Anwar Musaddad. Ia ikut mendirikan Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri tahun 1951 di Yogyakarta. Setelah berdirinya PTAIN, mulai bermunculan perguruan tinggi berbasis Islam di berbagai daerah. Kemudian mendirikan IAIN Sunan Gunung Djati Bandung dan menjadi rektor pertamanya.

Kiai Anwar yang lahir tahun 1909 dan wafat tahun 2000 tersebut juga turut berjuang secara fisik bersama Laskar Hizbullah semasa perang kemerdekaan dan turut bergerak di bidang dakwah dan pendidikan setelah kemerdekaan.

Seminar yang dibuka Menteri Sosial Hj Khofifah Indar Parawansa tersebut menghadirkan pembicara sejarawan Taufik Abdullah, Nina Herlina Lubis, Dadan Wildan, dan Mumuh Muhsin ZM.

Sumber: NU Online

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

%d bloggers like this: