Jeda Semester, Siswa MI Ma’arif Ziarahi Makam dan Tempat Bersejarah

Jakarta,
Usai ulangan akhir semester gasal siswa Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU Pojok Mojogedang Kabupaten Karanganyar memanfaatkan waktu luang untuk berziarah ke makam dan tempat bersejarah di Karanganyar. Kegiatan ini untuk pertama kalinya diikuti para siswa.

Menurut salah satu guru MI setempat Ahmad Rosyidi, ziarah ini dilaksanakan selama tiga hari Senin-Rabu (14-16/12), Senin khusus untuk kelas empat dan lima, Selasa kelas tiga, dan Rabu kelas dua.

Tempat yang dituju ialah makam Eyang Abdullah Fatah yang konon merupakan murid Sunan Kalijogo dan masjid tiban Darul Muttaqin yang menjadi masjid tertua di Karanganyar dan berlokasi di Kaliboto, Mojogedang.

“Meskipun lokasinya tidak jauh dari MI Ma’arif, para siswa mengaku baru pertama kali ziarah ke makam itu,” ungkapnya.

Selain berziarah para siswa juga mendapat kesempatan untuk masuk masjid untuk menunaikan shalat dhuha dan dilanjutkan dengan mendengarkan sejarah makam dan masjid tersebut dari Kiai Subhan.

Renacananya kegiatan semacam ini akan digelar kembali setiap usai semesteran, “mengingat banyaknya siswa yang tidak mengetahui sejarah dan makam-makam penyebar agama Islam di daerah Karanganyar khususnya, kegiatan ini akan dilanjutkan pada semester depan”, tandasnya.  (Red Alhafiz K)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)