Jokowi Serahkan Hewan Kurban ke Masjid Al-Akbar Surabaya

Surabaya, NU Online
Lewat Gubernur Jawa Timur, Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya menerima kurban sapi dari Presiden RI. Sapi seberat 1,250 ton tersebut diserahkan H Soekarwo dan diterima Ketua Dewan Pembina Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, Try Sutrisno yang juga mantan Wapres RI, usai Shalat Idul Adha 1436 H, Kamis (24/9).

Humas Masjid Nasional Al-Akbar mengemukakan bahwa sapi milik Jokowi tersebut berjenis Simental yang berusia tiga tahun dan dibeli seharga Rp 80 juta dari seorang peternak bernama Kusnan asal Bojonegoro. “Dan yang kami ketahui, sapi tersebut pemenang kontes ternak di Lamongan tahun ini,” kata H Helmy M Noer.

Sedangkan Pakde Karwo, sapaan akrab gubernur berharap agar sapi yang disumbangkan itu bisa membawa manfaat bagi masyarakat sekitar. “Saya yang diberi mandat oleh Pak Presiden Jokowi untuk menyerahkan sapi ini. Kami berharap agar ini bermanfaat dan dibagikan kepada yang berhak,” katanya saat menyerahkan sapi secara simbolis kepada Try Sutrisno.

Try Sutrisno sendiri mengemukakan, tahun ini panitia Idul Adha di masjid kebanggaan Indonesia tersebut telah menerima 21 ekor sapi dan 58 ekor kambing. Daging dari hewan tersebut dibagikan kepada yang berhak, khususnya masyarakat sekitar masjid.

“Prosesi pemotongan hewan dan pendistribusian daging, kami lakukan usai prosesi shalat Idul Adha,” tandas Helmy M Noer. Ia juga mengemukakan bahwa daging yang telah dikemas kantung plastik selanjutnya diserahkan kepada masyarakat kurang mampu di daerah sekitar Jambangan yang juga kawasan tempat masjid berada, lanjutnya.

Selain Jokowi, jajaran Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Jawa Timur juga ikut menyumbangkan sapi ke Masjid Al-Akbar. Pakde Karwo secara langsung menyerahkan sapi dengan berat 1,100 ton dan diterima Direktur Utama Masjid Nasional Al-Akbar, H Endro Siswantoro. (Ibnu NawawiMukafi Niam)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: