Kaum Muda Jatim Bertekad Kokohkan Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Surabaya, Organisasi Kepemudaan (OKP) di Jawa Timur menggelar refleksi bertemakan “Bangkitlah Kaum Muda dalam Berbangsa dan Bernegara” dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda. Dengan kegiatan yang dilaksanakan, Rabu (28/10) lalu di Surabaya ini, kaum muda Jatim bertekad terus mengokohkan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Refleksi ini diikuti oleh Ansor, IPNU, IPPNU, PMII, GMNI, PMKRI, PIR, LMND, GMKI dan Okp lainnya yang berada di Jawa Timur. Pelaksanaan refleksi sumpah pemuda ini dilaksanakan di tiga tempat yaitu Taman Absarai, Makam Pahlawan WR Supratman, dan terakir di Tugu Pahlawan.

Agenda ini disambut positif oleh para pemuda di Jawa Timur. Terbukti dengan banyaknya pemuda yang hadir dalam kegiatan ini. Peringatan sumpah pemuda dilaksakan pada malam hari bertujuan agar lebih khidmat dalam menghayati maknanya.

Dalam pelaksanaanya, refleksi dibuka di Taman Absari dengan menyanyikan lagu pemuda, kemudian dilanjutkan ke Makam Pahlawan WR Supratman dengan tabur bunga, dan terakhir berkumpul di Tugu Pahlawan dengan agenda penampilan teater, orasi, dan pernyataan para pemuda Jawa Timur.

A Deni Saputra dari PW IPNU Jatim  dalam orasinya mengatakan beberapa statemen di antaranya, mendorong pemerintah untuk memprioritaskan program pendidikan sebagai tonggak peradaban bangsa, dan  menolak segala bentuk kompromi terhadap skema penjajahan ekonomi yang mencabut sendi perekonomian masyarakat kecil.

“Kita harus mendorong pemerintah untuk memprioritskan pendidikan dan menolak segala bentuk kerjasama ekonomi yang hanya akan membunuh perekonomian masyarakat kecil,” ujar Deni.

Selanjutnya, tambah Ketua PKPT IPNU UINSA ini, para pemuda harus terus menyerukan kepada para kaum pelajar, santri, dan mahasiswa untuk terus kritis dan aktif guna turut ambil bagian dalam mengurai permasalahan bangsa dan negeri ini.

Refleksi sumpah pemuda ini di tutup dengan membaca pernyataan bersama oleh seluruh Organisasi Kepemudaan se-Jawa Timur yang dipimpin oleh Pimpinan Ansor Jawa Timur, Aminuddin. (Taufik/Fathoni)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: