Kekeringan Berkepanjangan, Warga NU Tunaikan Istisqo

Jepara,
Jepara menjadi salah satu daerah yang sedang dilanda kekeringan berkepanjangan. Sebagai bentuk ikhtiar, ratusan warga NU yang diinisasi Rijalul Ansor GP Ansor Jepara mengadakan sembahyang istisqo yang berlangsung di alun-alun Jepara, Jum’at (18/9) pagi.

Kegiatan yang diikuti ratusan jamaah ini diimami Rais Majelis Hubbur Rasul Habib Abdullah Al-Hindwan dengan khotib Wakil Rais Syuriyah PCNU Jepara KH Ubaidillah Nur Umar.

Bupati Jepara H Ahmad Marzuqi dalam paparannya mewakili panitia mengatakan, kegiatan merupakan bentuk ikhtiar ruhani dalam rangka keluar dari kekeringan.

“Negara kita, khususnya desa kita sedang dilanda kekurangan air bersih. Sementara sholat istisqa’ yang kita lakukan ini tidak lain untuk mengharapkan turunnya hujan dari sang pencipta,” terang Marzuqi.

Dengan ikhtiar tersebut, harapannya dalam waktu tidak lama segera turun hujan sehingga limpahan rahmat Allah turun. Dalam memandang kegiatan ini masyarakat menurutnya masih beda-beda persepsi.

“Bagi bakul kerupuk dan penjual batu bata tentu tidak ingin hujan di saat ini,” misalnya.

Tetapi masyarakat secara umum tentu menginginkan segera turun hujan. Sebagaimana yang dilakukan warga NU ini usaha tersebut bukanlah sia-sia. Sebab dalam kitab Jauharatut Tauhid disebutkan hamba Allah diwajibkan untuk berusaha soal keberhasilan itu menjadi kekuasaan sang pencipta. Ia juga menegaskan air merupakan kebutuhan untuk bercocok tanam. Karena hasil dari pangan ini untuk kebutuhan masyarakat.

Di sela-sela kegiatan kepada , pihaknya berharap shalat dua gerhana rembulan dan matahari, khusufain juga perlu dilakukan secara jamaah dengan melibatkan banyak orang.

“Dengan kegiatan ini kami berharap menjadi media pembelajaran bagi kita maupun anak-anak kita. Sebab kita jarang melaksanakannya,” harapnya. (Syaiful Mustaqim/Alhafiz K)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: