Ketua NU Sumedang: Ada 4 Ruh NU yang Kokohkan Indonesia

Sumedang, Ketua PCNU Kabupaten Sumedang, Jaw Barat, KH Sa’dulloh mengatakan, NU mempunyai peran signifikan terhadap keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Ormas yang didirikan para kiai ini merupakan organisasi yang selalu diperhitungkan pemerintah dalam lintas sejarah Indonesia.

Ketua PCNU termuda se-Jawa Barat ini menegaskan hal tersebut saat memimpin pelantikan Pengurus Ranting NU di Kecamatan Jatinunggal, Sumedang, serta tiga badan otonom NU di kecamatan yang sama, yakni Gerakan Pemuda Ansor, Ikatan Pelajar NU, dan Ikatan Pelajar Putri NU, akhir pekan lalu (24/5).

Sa’dulloh menyampaikan, NU memiliki saham yang sangat besar bagi negara. Menurutnya, ada empat ruh NU yang mengukuhkan Negara Indonesia hingga kini. Pertama, ruhud-diniyyah (cinta pada agama); kedua, ruhul-wathaniyyah (cinta tanah air); ketiga, ruhut-ta’adudiyyah (menghargai perbedaan);  keempat, ruhul-insaniyyah (menjunjung tinggi nilai kemanusiaan).

“Dari 4 aspek itulah NU menjadi organisasi yang hebat dan mempunyai kurang lebih 80 juta anggota yang tersebar di seluruh Indonesia,” ujanya.

Acara pelantikan tersebut dirangkai dengan peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW dan peringatan hari lahir NU. Turut hadir Rais Syuriah PCNU Kabupaten Sumedang, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Jatinunggal beserta camat setempat. (Red: Mahbib)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: