Ketum PBNU: Keberadaan Islam untuk Kemaslahatan Umat

Jakarta, Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siroj menyampaikan pentingnya peran agama Islam di tengah masyarakat. Menurutnya, Islam bukan hanya soal agama, tetapi sosial, budaya, ekonomi, dan aspek-aspek lain dalam kehidupan manusia.

“Islam tidak akan bermanfaat jika hanya rapat-rapat, meeting, kumpul-kumpul, kecuali didalamnya dibicarakan tentang upaya pengentasan kemiskinan, pengembangan ekonomi dan kemaslahatan umat, serta kesejahteraan masyarakat,” ujarnya dalam peluncuran NU Cultural & Business (NUCB) Expo 2015, Senin (31/8) di Gedung PBNU Jakarta.

Sementara itu, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan yang juga memberikan sambutan dalam kegiatan peluncuran tersebut menyampaikan, bahwa umat Islam sangatlah besar, tetapi memerlukan pengelolaan yang baik secara SDM.

“Sebab itu, peran Ormas besar seperti NU sangat penting dalam mengedepankan program menuju masyarakat Islam yang mampu bukan saja dalam hal ibadah dan sosial, tetapi juga mampu secara ekonomi,” terangnya.

Dalam peluncuran Expo NU ini, hadir Sekjen PBNU, H A Helmy Faishal Zaini, Ketua PBNU, KH Abdul Manan Ghani, utusan dari negara-negara sahabat, dan jajaran pengurus PBNU lainnya.

Kegiatan NUCB Expo 2015 ini akan diadakan selama tiga hari, 14-16 Oktober 2015 di Smesco Exhibition Hall, Jl Jenderal Gatot Subroto, Jakarta dengan tajuk ‘Seminar Internasional Islam Rahmatan Lil ‘Alamin’. 

Akan hadir sebagai pembicara diantaranya Kepala Bappenas Dr Sofyan Jalil, Dr H As’ad Said Ali, Prof Dr Akhmad Muzakki (pakar studi terorisme), KH A Mustofa Bisri, Muliaman D Hadad (OJK), Dr Abdul Jalil, dan Komjen Pol Saud Usman SH MH. 

Dari luar negeri akan hadir Karen Amstrong (penulis buku A History of God), Prof Dr M Tahir Mansoori (Direktur Syaria Academy, UII Islamabad), Min Zhu (Wakil Direktur IMF), dan Laurent Booth (Muallaf, Wartawati BBC). (Fathoni)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: