KH Ma’ruf Amin Terpilih Sebagai Ketua Umum MUI 2015-2020

Surabaya, NU Online
KH Ma’ruf Amin terpilih sebagai ketua umum sekaligus memimpin Majelis Ulama Indonesia (MUI) periode 2015-2020 melalui musyawarah mufakat oleh tim formatur pada Musyawarah Nasional IX di Surabaya, Kamis dini hari.

“Tim formatur telah sepakat dan selamat kepada KH Ma’ruf Amin atas amanah ini,” ujar Ketua Tim Formatur Munas IX MUI Din Syamsuddin saat sambutan menyampaikan hasil musyawarah.

KH Ma’ruf Amin yang saat ini juga menjabat Rais Aam Syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) diyakini mampu membawa MUI menjadi lembaga yang menjadi wadah dan tenda besar umat Islam sebagaimana diharapkan sejumlah pihak.

Di posisi sekretaris jenderal, tim formatur mempercayakan kepada Anwar Abbas yang dalam Munas IX kali ini menjabat sebagai ketua panitia pelaksana pusat.

Sedangkan, di posisi wakil ketua umum diisi oleh dua orang, yakni KH Slamet Effendy Yusuf dan Yunahar Ilyas, serta bendahara umum dijabat oleh Amani Lubis.

Di struktural Dewan Pimpinan MUI Pusat terbaru periode lima tahun ke depan, posisi ketua umum dan wakil ketua akan dibantu oleh 12 orang ketua, delapan wakil sekjen, dan lima orang bendahara.

Sementara itu, KH. Ma’ruf Amin mengaku bersyukur dan berterima kasih kepada peserta Munas IX yang mempercayakannya menjalankan amanat memimpin MUI ke depan.

Dalam waktu dekat, kata dia, pengurus baru segera melakukan konsolidasi organisasi sekaligus pembenahan dan perumusan kembali rencana kerja agar lebih terarah.

“Tentu saja hal ini akan membuat kinerja lebih efektif, termasuk tentang peta dakwah maupun sasaran dakwahnya,” kata ulama yang periode sebelumnya menjabat wakil ketua umum tersebut.

Usai pembacaan pengurus baru, Munas IX MUI yang semula dijadwalkan akan ditutup oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla itu langsung ditutup secara resmi oleh ketua umum MUI Pusat terpilih tepat pukul 01.30 WIB.

Total 17 anggota tim formatur yang berasal dari berbagai unsur terpilih dan disepakati oleh peserta Munas MUI.
Ke-17 anggota formatur masing-masing ketua umum demisioner Din Syamsuddin, wakil ketua umum demisioner KH Ma’ruf Amin, sekretaris jenderal demisioner M. Ichwan Sam dan ketua dewan penasihat demisioner KH. Tolchah Hasan.

Berikutnya, perwakilan MUI wilayah I diwakili Ahmad Husein, wilayah II diwakili Shodiqun, wilayah III diwakili Romly, wilayah IV diwakili Syaiful Islam, wilayah V diwakili Hamri Has, wilayah VI diwakili Abdul Rohim dan wilayah VII diwakili asal Papua Barat.

Kemudian, satu perwakilan pondok pesantren dari Sidogiri, perwakilan perguruan tinggi Islam diwakili Khuzaemah T Yanggo, serta dua perwakilan ormas masing-masing dari Al-Wasliyah dan Al-Ittihadiyah.(Antara/Mukafi Niam) foto: Antara

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)