KH Qorib Said, Pelopor Berdirinya IPNU-IPPNU di Kecamatan Sulang

Rembang, KH Qorib Said, merupakan salah satu tokoh ulama NU asal Kecamatan Sulang, Rembang, Jawa Tengah yang aktif membentuk oragnisasi pelajar NU. Ulama satu ini juga terkenal dengan ilmu dan ketokohannya di daerah Kecamatan Sulang. Pada tahun 2013 lalu, KH Qorib Said masuk dari satu desa ke desa yang lain. Hingga saat ini sudah ada 16 Desa yang berhasil dibentuk ranting pelajar NU dari total 23 Desa yang ada.

Dalam jenjang karir semasa mudanya, Qorib pernah mendapatkan amanah untuk menjadi anggota DPRD Rembang pada tahun 2000. Dan merupakan satu-satunya anggota Dewan termuda yang ada di Indonesia karena masih berusia 23 tahun.

Dalam kepengurusan Nahdlatul Ulama Cabang Rembang, KH Qorib duduk di Lembaga Batsul Masail (LBM-NU). Dan menjadi salah satu pengurus pondok Pesantren Al-Barkah Desa Sulang Kecamatan Sulang Rembang.

Di setiap forum NU yang paling utama senantiasa diutarakannya kepada para pengurus Nahdlatul Ulama Kecamatan Sulang adalah pentingnya pengaderan di tingkat pelajar, yakni membentuk IPNU-IPPNU. 

Menurutnya, berdirinya IPNU-IPPNU disetiap Desa merupakan impiannya sejak ia masih muda. Ia bermimpi jika terdapat kader muda NU di setiap Desa, maka akan tumbuh embrio pengurus Nadlatul Ulama di masa depan.

Meski sekarang IPNU-IPPNU Sulang sudah berjalan dengan baik dan sudah berganti kepengurusan yang baru. Hal ini tidak membuat KH Qorib Said memupus cita-citanya mendirikan ranting IPNU-IPPNU di 23 Desa yang ada. Ia masih memotivasi para pengurus IPNU-IPPNU untuk terus mengembangkan sayapnya disetiap jengkal wilayah Kecamatan Sulang.

Selain itu, upayanya untuk membangkitkan semangat para tokoh ulama di Kecamatan Sulang terus dilakukan untuk terus mencetak kader muda NU disetiap Desa yang ada demi keberlangsungan syi’ar Aswaja di masa yang akan datang. (Ahmad Asmu’i/Fathoni)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this:
:)