KH Said Bantah Ada Intervensi Parpol dalam Muktamar NU

Jombang, Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj membantah adanya intervensi dan dominasi salah satu partai politik dalam Muktamar ke 33 NU yang bakal digelar di Jombang 1- 5 Agustus 2015 mendatang. Bahkan pendanaan Muktamar tidak ada yang bersumber dari partai poltik.

Demikian dikatakan KH Said di sela meninjau  pesantren Tebuireng Jombang yang menjadi salah satu lokasi Muktamar ke-33 NU, Senin (13/7) lalu bersama beberapa pengurus PBNU KH Slamet Efendi Yusuf dan H Imam Azis. “Tidak ada itu dominasi salah satu parpol dalam Mukatamar NU,” jelasnya menjawab pertanyaan wartawan.

Dikatakan Kiai Said, anggaran Mukatamar NU tidak ada yang bersumber dari partai politik. Pernyataan ini menepis adanya tudingan salah satu parpol yang mendominasi pelaksanaan perhelatan lima tahunan NU untuk memilih Rais Aam dan Ketua Umum PBNU serta menyusun program jamiyah.

“Kita cari bantuan kesana kemari. Salah satunya dari Presiden, wakil presiden, Menteri dan kalangan pengusaha. Tidak ada anggaran atau bantuan dari partai politik,” tandasnya memastikan.

Terkait, maraknya bendera salah satu parpol yang dikibarkan berdampingan dengan bendera NU menyongsong Muktamar, Kiai yang menyatakan siap memimpin kembali NU lima tahun kedepan ini mengatakan bahwa hal itu bukan urusan PBNU. “Silahkan tanya ke PKB, itu bukan urusan NU,” jawabnya.

Sementara itu, dalam kunjungannya kemarin, pengurus PBNU bersama panitia Muktamar mengunjungi empat pesantren yang menjadi lokasi peserta Muktamar. Diantaranya adalah Pesanren Darul Ulum Peterongan, Pesantren Tebuireng, Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas dan Pesantren Mambaul Ulum Denanyar.

Para pengurus PBNU juga melakukan ziarah dimakam para pendiri NU, KH Hasyim Asyari, KH Wahab Hasbullah dan KH Bisri Syansuri. “Kita ingin melihat kesiapan pesantren yang menjadi lokasi muktamar. Alhamdulillah seluruh pesantren sudah siap,” pungkasnya. (Muslim Abdurrahman/Anam)

Foto: Bendera NU dipasang berdampingan dengan bendera salah satu parpol di beberapa titik strategis di kota Jombang

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: