KH Sholeh Qosim Paparkan Fadhilah Bersedekah sebelum Ramadhan

Sidoarjo, NU Online
Ada banyak hal yang perlu diperhatikan dan dijalankan oleh setiap Muslim, terutama warga Nahdliyin dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Meski amal ibadah sebelum Ramadhan itu tidak diwajibkan, akan tetapi fadilah dan nilai ibadahnya sungguh luar biasa.

Wakil Katib Syuriah PCNU Sidoarjo KH Sholeh Qosim saat ditemui NU Online dikediamannya, Rabu (3/6) terkait amalan menjelang bulan suci Ramadhan, dirinya menyampaikan, bahwa Nabi Muhammad SAW kalau bersedekah diberikan menjelang Ramadhan. Karena menyedekahkan menjelang Ramadhan lebih bermanfaat.

“Budaya Nabi Muhammad SAW menyambut bulan Suci Ramadhan, disamping berpuasa Sya’ban, silaturahmi dan bersedekah, Nabi selalu membebaskan orang yang mempunyai hutang. Sehingga ketika orang tersebut menjalankan ibadah puasa Ramadhan, tidak terganggu, bisa kosentrasi dan khusyuk,” ucapnya.

Dengan menyedekahkan makanan, pakaian yang diberikan menjelang Ramadhan, kata Kiai Sholeh, fadhilahnya 700 lipat. Yang lebih penting lagi, datang ke guru dan ulama meminta doa supaya lebih mantap dan berkah. Nilainya sangat positif, dan harus dibudayakan lagi.

“Sehingga rukun Islam yang ke 4 itu menjadi fokus ketika orang melakukan ibadah. Berbeda kalau diberikan menjelang Idul Fitri. Sebab kalau diberikan sebelum Ramadhan, pahalanya 700 tingkat, sedangkan setelah Ramadhan pahalanya 1 derajat/tingkat,” tandasnya. (Moh Kholidun/Fathoni)

Sumber: NU Online

%d bloggers like this: